Tiket Bus Hingga 8 Mei Sudah Habis Terjual

user
ivan 05 Mei 2022, 11:52 WIB
untitled

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Agen atau penjual tiket bus mendapat untung besar pada Idul Fitri tahun 2022 ini. Tiket bus yang dijual habis dibeli pemudik, bahkan tiket tambahan dikeluarkan pihak pengelola bus mengingat masih banyak permintaan untuk arus balik.

Salah satu agen penjualan tiket bus di Kartasura, Sumarsih mengatakan Idul Fitri tahun 2022 sangat menguntungkan. Pelonggaran yang diberikan oleh pemerintah pusat pada masyarakat memperbolehkan mudik berdampak besar pada peningkatan pemesanan tiket bus. Sejak mudik lebaran hingga arus balik sekarang total sudah ratusan lembar tiket habis terjual.

Pemesanan tiket bus mudik sudah mulai terlihat sejak sepekan setelah puasa Ramadhan. Pemesanan terus meningkat selama puasa Ramadhan setelah pemerintah memberikan pelonggaran mudik lebaran.

"Tiket bus mudik lebaran paling banyak diburu pemudik untuk tanggal 28, 29 dan 30 April serta 1 Mei. Tanggal tersebut dipilih pemudik untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman setelah cuti lebaran," katanya di Sukoharjo, Kamis (05/05/2022).

Sumarsih mengatakan, daerah tujuan pemudik yang membeli tiket didominasi jurusan Jakarta ke Solo Raya. Selain itu ada juga dari beberapa daerah di Jawa Barat ke Solo Raya.

"Kebanyakan tiket bus Jakarta dan Jawa Barat. Sebab pemudik akan pulang kampung ke beberapa daerah di Solo Raya. Tapi ada juga jurusan lain seperti beberapa daerah ke Pulau Sumatera karena pemudik ini merupakan perantauan sangat jauh," lanjutnya.

Pemesanan tiket bus juga sangat banyak untuk arus balik. Sumarsih mengatakan, tiket bus arus balik lebaran yang disediakan hingga tanggal 8 Mei sudah habis sejak pertengahan April lalu setelah pemerintah memberikan pelonggaran mudik lebaran. Bahkan tiket bus jurusan Jakarta dan beberapa daerah di Jawa Barat setelah tanggal 8 Mei hingga 15 Mei sudah ada yang memesan.

Soal harga tiket, Sumarsih mengatakan memang ada kenaikan menyesuaikan ketentuan dari pihak pengelola bus. Sumarsih mengatakan, harga tiket bus rata-rata untuk jurusan Jakarta sekitar Rp 450.000 hingga diatas Rp 700.000 bergantung jenis dan fasilitas bus yang dipilih penumpang.

Salah satu pemudik asal Kecamatan Nguter Sukoharjo, Karyono mengatakan akhirnya pada lebaran tahun 2022 ini bisa mudik ke kampung halamannya bersama keluarga. Sebab sudah dua tahun sejak pandemi virus Corona tidak bisa mudik lebaran.

Karyono mengatakan, mudik dan balik lebaran ini menggunakan bus. Pilihan tersebut dilakukan karena pertimbangan keamanan, keselamatan dan kenyamanan keluarga. Sebab untuk pulang ke kampung halamannya membawa keluarga dan banyak barang bawaan.

"Keluarga total ada tujuh orang termasuk menantu dan cucu. Juga bawa banyak barang bawaan. Jadi pilih mudik dan balik lebaran naik bus saja lebih aman dan nyaman. Tidak kepikiran panas hujan dan lelah apabila naik kendaraan sendiri," lanjutnya. (Mam)

Kredit

Bagikan