Pemuda Pancasila DIY Turun Amankan Jalur Mudik Rawan

user
agus 28 April 2022, 09:25 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Pemuda Pancasila DIY menyatakan siap turun membantu pengamanan jalur mudik khususnya di lima kabupaten/kota DIY di masa libur Idul Fitri ini. Pemuda Pancasila ingin menegaskan kehadiran mereka membawa manfaat untuk masyarakat yang tahun ini bisa merasakan bertemu keluarga setelah dua tahun dikekang pandemi.

Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY, Faried Jayen Soepardjan mengatakan pihaknya mendapatkan informasi adanya jalur-jalur rawan di DIY seperti di Sleman, Bantul, Gunungkidul dan Kulonprogo yang akan dilintasi pemudik. Ruas-ruas jalan masih minim penerangan juga rambu lalu-lintas yang mungkin akan menyusahkan para pemudik.

“Kami mendapatkan data dari Ditlantas Polda DIY, ada titik-titik yang rawan dalam artian minim penerangan dan rambu. Kami selaku salah satu organisasi masyarakat ingin turun dan membantu mengamankan perjalanan para pemudik khususnya yang melintasi wilayah DIY,” ungkap Faried, Kamis (28/4/2022).

MPW Pemuda Pancasila DIY menurut Faried sudah memerintahkan MPC di kabupaten/kota untuk bergerak berkoordinasi dengan pemangku kebijakan setempat. Anggota siap ditempatkan untuk membantu memberikan rasa aman dan nyaman di jalur-jalur mudik atau wisata.

“Di satu sisi kami ingin membawa manfaat untuk masyarakat, namun di sisi lain kami juga ingin membuktikan bahwa Pemuda Pancasila adalah organisasi masyarakat yang memberi, bukan meminta-minta seperti yang dilakukan beberapa oknum yang juga sudah ditindak tegas oleh Ketua Umum kami,” sambungnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dirlantas Polda DIY, Kombes Polisi Iwan Saktiadi mengatakan ada beberapa jalur di DIY yang masih minim penerangan seperti Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS) di Gunungkidul juga ruas alternatif Tempel-Klaten yang masih minim rambu lalu-lintas. Polisi berharap para pemudik atau wisatawan yang melintas berhati-hati serta menaati himbauan petugas di lapangan.

Selain jalur rawan, diketahui ada beberapa potensi kepadatan lalu-lintas saat wisata libur Lebaran seperti di Gunungkidul, Bantul, Sleman dan Kota Yogyakarta. Polisi mempersiapkan rekayasa lalu-lintas mulai buka tutup, one way hingga kemungkinan penerapan ganjil genap kendaraan. (Fxh)

Kredit

Bagikan