Dialog Gubernur Jateng, Pemulihan Ekonomi Dan Menekan Kemiskinan Jadi Poin Penting

user
agus 22 April 2022, 12:31 WIB
untitled

MAGELANG, KRJOGJA.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa ada dua hal yang diminta oleh Presiden untuk merumuskan strategi terkait bagaimana pemulihan ekonomi dapat berjalan dengan baik dan bagaimana menekan angka kemiskinan.

"Dua tahun kemarin angka kemiskinan kita meningkat, lalu bagaimana kita masing-masing untuk menurunkan angka kemiskinan ini," kata, Ganjar saat acara dialog Gubernur dengan Bupati/Walikota wilayah pengembangan Purwomanggung dan Subosukawonosraten di Pendopo Soepardi, Setda Kabupaten Magelang, Kamis (21/4/2022).

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan pada saat pertemuan di Bali beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo mengingatkan agar 40 persen dari APBD betul-betul bisa digunakan untuk mengungkit ekonomi dengan membeli dari produk-produk UMKM.

Ia menyarankan bagi yang belum mengikuti aplikasi blangkonjateng untuk segera mengakses, karena ini merupakan e-katalog yang bisa didorong untuk memasarkan potensi-potensi lokal yang dapat dibeli secara langsung melalui stimulan dari APBN.

"Hari ini rakyat kita butuh satu penyemangat, satu inspirasi, dan dorongan, maka kita sambut kemudian kondisi yang mulai membaik ini dengan persiapan kita untuk menumbuhkan ekonomi dan menurunkan angka kemiskinan," ujarnya.

Sementara, Bupati Magelang Zaenal Arifin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jawa yang telah memilih Kabupaten Magelang sebagai tuan rumah kegiatan Dialog Gubernur dengan Bupati/Walikota wilayah Purwomanggung dan Subosukawonosraten.

"Tentunya kami merasa terhormat untuk menerima Bapak Ibu semuanya," kata, Zaenal.

Sedangkan, Camat Grabag, Sri Utari melalui tenaga kesehatan Puskesmas Grabag pada saat Dialog Gubernur menyampaikan bahwa terdapat sebanyak 275 orang ibu yang sedang hamil di Kecamatan Grabag. Dari jumlah tersebut yang tergolong resiko tinggi sebanyak 113 orang, sehingga perlu mendapat perhatian dari dinas kesehatan sehingga dapat mengurangi resiko Stunting dan sebagainya.

Kemudian ia juga menyampaikan bahwa di Kecamatan Grabag terdapat usaha kelompok yang bisa membuat mandiri dari segi ekonomi, diantaranya ternak kambing, UMKM, pembuatan telor asin, dan lain sebagainya. Pada kesempatan ini ia juga meminta bantuan berupa modal usaha.

"Mungkin apabila ada bantuan modal insyallah masyarakat kami bisa berjalan dan bisa lebih mengembangkan usahanya, sehingga pertumbuhan ekonomi juga bisa meningkatkan," ungkapnya. (Bag)

Kredit

Bagikan