Jangan Salah! Pilpres dan Pilkada Beda Waktu

user
danar 15 April 2022, 01:10 WIB
untitled

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Di kalangan masyarakat masih terdapat kesalahpahaman mengenai pemilu serentak 2024. Tidak sedikit warga yang menyangka hari pemungutan pilpres, pileg, pilgub dan pilbup dilaksanakan serentak dalam satu hari.

Ketua KPU Purbalingga Eko Setiawan menegaskan, pemilu presiden dan legislatif dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Sedangkan pemilihan gubernur, bupati dan walikota serentak pada 27 November 2024.

“Serentak tahunnya iya. Tapi bukan berarti satu hari pelaksanaan,” ujarnya, dalam acara pencanangan zona integritas di aula KPU Purbalingga, Kamis (14/4/2022).

Pencanangan zona integritas di lingkungan lembaga penyelenggara pemilu itu dihadiri unsur Forkompimda dan partai politik di Purbalingga. Wawan, sapaan akrab ketua KPU Purbalingga itu menyebutkan, zona integritas diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan stakeholder.

“Tujuannya untuk mencegah dan memberantas praktik-praktik penyalahgunaan wewenang, praktek KKN, dan lemahnya pengawasan,” tutur Wawan.

Mewakili Bupati Purbalingga, Asisten Bupati bidang Ekonomi dan Kesra Agus Winarno dalam sambutannya mengungkapkan tiga terminologi integritas, yaitu jujur, prinsip moral, dan memberikan yang terbaik. Dengan Pencanangan Zona Integritas tidak hanya menjadi sebuah slogan tetapi diamalkan dalam penyelenggaraan tugas KPU sehingga tercipta demokrasi yang semakin berkualitas.

Acara diakhiri dengan penandatanganan Program Pencanangan Zona Integritas oleh Ketua KPU Purbalingga dan saksi-saksi meliputi Bupati dan unsur Forkompimda Purbalingga. (Rus)

Kredit

Bagikan