Buka Pelayanan Vaksin Bosster YIA Dukung Kelancaran Mudik Lebaran

user
Ary B Prass 12 April 2022, 21:17 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Vaksinasi dosis ketiga atau booster hari ini mulai dilaksanakan di Yogyakarta International Airport (YIA). Selain pengguna jasa bandara, masyarakat umum juga diimbau memanfaatkan pelayanan kesehatan bagi publik tersebut.

"Kami mulai melayani vaksin booster bagi penumpang dan masyarakat umum serta komunitas YIA. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sebagai penyelenggara vaksin juga sudah sepakat terkait pelayanan bagi masyarakat umum dan komunitas YIA tersebut," kata Pejabat Tugas Sementara General Manager (PTS GM) YIA, Agus Pandu Purnama di sela pembukaan posko vaksinasi booster di YIA, Selasa (12/4/2022).

Layanan tersebut ungkap Pandu untuk memudahkan masyarakat terutama penumpang pesawat dalam mendapatkan vaksin booster. Langkah itu juga sebagai upaya mendukung kelancaran mudik lebaran.

"Sesuai target pemerintah, sebelum Lebaran masyarakat harus sudah dibooster semua, sehingga bisa mudik. Vaksin booster ini bagian dari persiapan YIA dalam mendukung masyarakat yang akan mudik Lebaran," ujarnya menambahkan sementara pihaknya baru mendapat kuota 30 dosis vaksin perhari.

"Jumlah tersebut memang masih sangat sedikit, mudah-mudahan ke depan ada tambahan kuota dan kami sedang berkoordinasi dengan Dinkes DIY. Dukungan vaksin dari pemerintah daerah memang kita butuhkan," jelas Agus Pandu.

Lebih lanjut diungkapkan, layanan vaksinasi booster di YIA dipusatkan di posko vaksinasi di mezanine atau lantai penghubung antara area parkir dengan terminal bandara sisi barat. Layanan beroperasi pukul 09.00 - 13.00 WIB.

Tentang syarat vaksin booster di YIA, berusia 18 tahun ke atas dan sudah mendapat vaksin dosis 2 minimal 3 bulan sebelumnya. Untuk syarat administrasi, peserta wajib membawa fotokopi KTP/ KK dan kartu vaksin.

"Untuk vaksin saya kira minimal 2 jam sebelum keberangkatan karena nanti ada observasi 30 menit, setelah itu baru mendapatkan kartu (vaksin) dan lain-lain," ujarnya menambahkan posko vaksin booster di YIA akan terus beroperasi sampai batas waktu yang belum ditentukan, tergantung ketersediaan stok vaksin dari Dinkes DIY. (Rul)

Kredit

Bagikan