PII-Kadin DIY Hadirkan Pameran Teknologi dan Inovasi

user
tomi 01 Februari 2022, 15:48 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Dalam rangka Rapat Pimpinan Daerah (RAPIMDA) Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DIY pada tanggal 29 Januari 2022 di Yogyakarta, Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Pengurus Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bekerja sama dan berkolaborsi dengan KADIN DIY menyelenggarakan pameran dengan tema “Investasi dan Inovasi Untuk Kedaulatan Industri”, bertempat di Hotel Royal Ambarukmo.

Pameran tersebut dibuka secara simbolis dengan pengguntingan pita oleh GKR Mangkubumi, Ir. Tribudi Utama. Selanjutnya, acara tersebut dilanjutkan dengansambutan sekaligus pembukaan RAPIMDA KADIN DIY.

Sambutan disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana RAPIMDA KADIN DIY, Ir. Hermawan Ardiyanto, MBA.

Dalam sambutannya Ir. Hermawan Ardiyanto, MBA memaparkan bahwa salah satu upaya kolaborasi yang digagas bersama PII DIY adalah menghadirkan 72 produk inovasi teknologi dari 22 perusahaan dan start-up di bidang teknologi dan manufaktur. Kolaborasi tersebut selaras dengan upaya untuk mewujudkan tema pameran yang berfokus pada pengembangan inovasi dan investasi di bidang industri, terutama industri berbasis teknologi.

Dalam sambutan yang berikutnya, disampaikan oleh GKR Mangkubumi selaku Ketua Umum KADIN DIY, beliau menjelaskan pentingnya dukungan yang kuat dalam pengembangan dan pemberdayaan ekonomi. Dukungan ini diwujudkan KADIN DIY hingga ke sektor UMKM sebagai salah satu pilar penting dalam ekonomi nasional. Senada dengan hal di atas, M. Arsjad Rasyid P.M. sebagai Ketua Umum KADIN Indonesia juga menyampaikan dalam sambutan setelahnya perihal pentingnya dukungan menyeluruh terhadap berbagai elemen.

Hal ini karena perjuangan untuk membangkitkan ekonomi di Indonesia haruslah datang melalui persatuan berbagai elemen tersebut, serta evaluasi yang berkelanjutan untuk memastikan program kerja yang telah disusun berjalan secara optimal dan memberikan dampak nyata pada masyarakat Indonesia.

Secara khusus, beliau menyoroti, “Indonesia secara umum dan Daerah Istimewa Yogyakarta secara khusus pada tahun 2021 mencatatkan surplus terbesar dalam bidang ekspor, dengan tiga produk unggulan disumbang DIY yaitu pakaian jadi bukan rajutan, perabot rumah tangga, dan produk-produk berbasis kulit”.

Selain itu, dengan keterlibatan Indonesia sebagai pemimpin negara-negara G-20 serta KADIN secara khusus sebagai pemimpin B-20, beliau berharap Indonesia dapat menjadi pelopor pengembangan ekonomi yang komprehensif dan memberdayakan.

Karena itu, adanya pameran teknologi yang dihelat KADIN DIY bersama PII DIY merupakan upaya untuk dapat mewujudkan inovasi serta pemberdayaan yang selaras dengan paparan terakhir dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X, membangun Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0 yang berfokus pada teknologi yang inklusif dan berpusat-pada-manusia (human-centered). Dengan begitu, akan terwujud prestasi tertinggi dari dari dunia industri yaitu peradaban madani yang manusiawi. (*)

Kredit

Bagikan