Bandara Adisutjipto Kembali Operasionalkan Terminal A, Ini Alasannya

user
agus 01 Februari 2022, 18:41 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Bandara Adisutjipto Yogyakarta kembali mengoperasionalkan Terminal A bandara untuk keberangkatan penumpang, terhitung tanggal 1 Februari 2022. Perpindahan tersebut dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap penumpang di Bandara.

"Mulai tanggal 1 Februari 2022, alur keberangkatan yang sebelumnya menggunakan Terminal B kami kembalikan ke Terminal A. Jadi seluruh operasional di Bandara Adisutjipto akan terpusat di Terminal A dan Terminal B akan dinonaktifkan," ujar General Manager Bandar Udara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama, Selasa (1/2/2022).

Perpindahan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada penumpang. Dengan area yang lebih luas dan kapasitas ruang tunggu  yang lebih besar, Terminal A tentunya lebih nyaman bagi para pengguna jasa penerbangan.

Sejak awal 2020 alur keberangkatan di Bandara Adisutjipto Yogyakarta berpindah ke Terminal Internasional atau Terminal B. Hal tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan beban operasional bandara pada masa pandemi. Terminal A yang sudah tidak operasional, kemudian dimanfaatkan untuk menjadi area publik dan UMKM yang bernama TILAS atau Titik Lawas Adisutjipto.

“Pemanfaatan Terminal A sebagai terminal keberangkatan kami lakukan sebagai langkah 'cost leadership'. Karena selama masa pandemi Bandara Adisutjipto hanya melayani 12 pergerakan pesawat. Enam pesawat dari dan menuju Halim dan enam pesawat dengan rute dari dan menuju Surabaya," jelasnya.

Namun, pada akhir November 2021 bandara Adisutjipto Yogyakarta mulai melayani rute baru menuju Denpasar dan Bandung, sehingga rata-rata pergerakan per hari mencapai 20  pergerakan. Oleh karena itu, dengan kembali beroperasinya Terminal A diharapkan dapat mengakomodir kenaikan permintaan perjalanan udara. Sekaligus untuk meningkatkan pengunjung TILAS Adisutjipto. (Awh)

Kredit

Bagikan