Empat Pendaftar Rektor Unsoed Lolos, Satu Gagal

user
ivan 12 Januari 2022, 05:32 WIB
untitled

PURWOKERTO, KRJOGJA.com - Empat dari lima orang dosen yang mendaftar sebagai bakal calon Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah periode 2022 – 2026 lolos. Mereka lolos setelah mengikuti seleksi administrasi, dan kesehatan.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor (Pilrek) Unsoed, Dr Ir Isdy Sulistyo DEA, Selasa (11/1/2022) di kantornya menjelaskan sebelumnya ada lima orang dosen yang mendaftar Bakal Calon Rektor. Kelima orang yang mendaftar adalah Dr Norman Arie Prayogo SPi MSi, Prof Ir Totok Agung Dwi Haryanto, MP PhD, Dr V Prihananto MSi, Prof Dr Ade Maman Suherman MSc dan Prof Dr Ir l Akhmad Sodiq MSc Agr.

Namun setelah panitia melakukan seleksi administrasi dan tes kesehatan sebagai syarat pendaftaran, satu pendaftar bakal calon rektor gagal. "Satu pendaftar tidak memenuhi syarat pengalaman manajerial, sesuai Peraturan Merinstek Dikti Nomor 28 Tahun 2017 tentang Statuta Unsoed. Yakni pendaftar harus pernah menjabat sebagai ketua jurusan atau ketua lembaga di perguruan tinggi negeri minimal dua tahun," kata Isdy Sulistiyo.

Sedang keempat balon rektor yang lolos yakni Prof I Totok Agung Dwi Haryanto MP PhD, Dr V Prihananto MSi, Prof Dr Ade Maman Suherman MSc, dan Prof Dr Ir Akhmad Sodiq MSc Agr. Selanjutnya keempat balon rektor yang lolos pada 20 Januari 2022 mendatang akan menyampaikan visi misi dan program kerja dari bakal calon didepan senat serta panitia.

Kemudian diteruskan pemilihan secara musyawarah mufakat oleh 81 anggota senat untuk memilih tiga calon rektor dari empat balon rektor. Jika dalam musyawarah mufakat tidak ada kesepakatan, maka akan diambil dengan pemungutan suara.

Tahap selanjutnya jika sudah ada tiga calon rektor yang ditetapkan, maka panitia Pilrek Unsoed akan melaporkan ketiga nama calon ke Menteri Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi (Mendikbud ristek) untuk mendapat suara dukungan 35 persen. (Dri)

Kredit

Bagikan