Satlantas Polres Klaten Pasang Peringatan di Sejumlah Black Spot

user
agus 17 November 2021, 11:15 WIB
untitled

KLATEN, KRjogja.com - Satlantas Polres Klaten memasang sejumlah banner, spanduk dan mengupayakan pemasangan lampu flash di sejumlah titik black spot (rawan kecelakaan). Sata ini terdapat sebanyak 11 titik black spot, namun yang menjadi prioritas utama adalah di simpang tiga Besole.

Hal itu dikemukakan Kasat lantas Polres Klaten AKP M Fadlan, di sela menggelar operasi Zebra Candi 2021, di traffick light depan Masjid Al Aqsa, Rabu (17/11/21). “Ada 11 titik black spot, namun yang diprioritaskan diantaranya di simpangtiga Besole. Karena sering kejadian berulang, kita laksanakan langkah cukup komprehensif. Kondisi di sini, karena posisi turunan, kendaraan keluar dari jalan perkampungan tak bisa kelihatan, sementara kendaraan dari arah Solo-Yogya cukup kencang,” kata Kasat lantas.

Lebih lanjut Kasat lantas menjelaskan, pihaknya sudah mengupayakan traffick light, namun dari Dinas Perhubungan mengatakan kondisinya belum memungkinkan, karena dekat dengan traffick light sebelumnya.

“Jika memang terus berulang, mungkin akan kami lakukan koordinasi lagi dengan stakeholder terkait apakah akan kami tutup di median jalan atau gimana. Akan kami lakukan diskusi-diskusi sehingga bisa mengambil langkah secara tepat,” tambah Kasat lantas.

Lebih lanjut Kasat lantas menjelaskan, untuk pencegahan terjadinya kecelakaan lalulintas (lakalantas) Polres Klaten sudah melaksanakan peninjauan beberapa black spot. Personil di masing-masing pos juga secara kuantitas melakukan pengaturan di titik-titik black spot dan melakukan patroli pada jam-jam rawan.

Kasat lantas AKP M Fadlan memimpin langsung oeprasi Zebra Candi di simpang empat depan Masjid Al Aqsa. Melakukan himbauan tertib berlalulintas dan juga pencegahan Covid 19. Jajaran Satlantas membagikan masker, brosur, leaflet, dan pemasangan stiker. Selain itu membagikan boneka untuk anak-anak, sebagai apresiasi bagi keluarga yang telah tertib berlalulintas.

“Kami juga mengingatkan masyarakat jangan lengah dengan kondisi yang sudah landai, vaksinasi yang sudah banyak dan covid yang sudah menurun. Kita harus tetap ingat bahwa Covid masih tetap ada, dan ada ancaman varian-varian baru yang bisa membuat kita masuk ke gelombang tiga. Jadi masyarakat tetap hati-hati,” jelas AKP M Fadlan.

Menurut kasat lantas, dalam tiga hari operasi zebra, tingkat kepatuhan masyarakat dalam prokes cukup baik. Sedangkan, untuk kamseltibcarlantas, dalam kota sudah tertib, namun di wilayah kecamatan belum maksimal. (Sit)

Kredit

Bagikan