Koperasi-UMKM Bergotong Royong Maju Bersama

user
Ary B Prass 29 Oktober 2021, 21:37 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Di era digitalisasi saat ini antar Koperasi-UMKM di DIY dituntut untuk bergotong-royong, bersatu dan saling mengisi. Kegiatan Kumpul Koperasi Istimewa 2021 yang digelar di Plaza Ngasem Yogya 29-31 Oktober 2021 membuktikan antar Koperasi bisa bersinergi mutualisme dan turut mengembangkan UMKM.

"Persaingan Koperasi bisa dikesampingkan dulu, justru dengan bergotong royong bisa besar besama dan UMKM yang dibina bisa naik kelas juga,' tutur Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Ir Srie Nurkyatsiwi MMA, Jumat (29/10/2021) pagi di sela peninjauan stand pameran yang diikuti belasan Koperasi.

Sebelumnya Srie Nurkyatsiwi membuka  Kumpul Koperasi Istimewa 2021 ini bersama dengan anggota DPRD DIY RB Dwi Wahyu Budiantoro SPdM. Kebanyakan  peserta dari Koperasi dengan anggota UMKM holtikultura, pertanian, produk lokal.

"Rangkaian Kumpul Koperasi Istimewa 2021 sebelumnya  Koperasi-UMKM peserta pameran telah mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Koperasi se-DIY dengan materi digitalisasi  yang dilanjutkan dengan Bisnis Pitching dan FGD Membangun Kerjasama Koperasi Multipihak Mewujudkan Pertumbuhan Omzet, 12-13 Oktober 2021 di Hotel Grand Mercure/Ibis Yogya," terang Siwi

Disebutkan, selain pameran Kumpul Koperasi Istimewa 2021 juga disemarakkan pentas tarian, musik, talkshow, senam sehat. Talkshow Sabtu (30/10/2021) akan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang Koperasi dan UMKM yaitu Dr Rangga Almahendra ST Mm dan Fauzie Helmy dengan moderator Wijil Rachamadani.

Salah satu peserta pameran, Manajer Koperasi Nawaguna Maguwoharjo Sleman Eko Sukamto mengapresiasi event yang digeber  Dinas Koperasi dan UKM DIY semakin menggairahkan Koperasi dan UMKM yang sempat terpukul karena Pandemi Covid-19.

"Sangat bagus sebagai upaya pemerintah dalam menumbuhkan kembali UMKM perekonomian DIY terdampak Covid-19, jelang kembali berdatangan wisatawan ke Yogya. Event ini kami harapkan berkesinambungan," ucap Eko. (Vin)

Credits

Bagikan