Grebeg Vaksin di Desa Kenteng 'Dihadiri' Pocong

user
danar 29 Oktober 2021, 04:10 WIB
untitled

BOYOLALI, KRJOGJA.com - Ada yang berbeda di serbuan vaksin kali ini, panitia vaksinasi menghadirkan dua sosok pocong yang diperankan oleh pemuda desa untuk upaya percepatan capaian vaksinasi di wilayah Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Hal ini diungkapkan oleh Anggota DPRD Kabupaten Boyolali, Gamma Wijaya bahwa hal tersebut dilakukan untuk mengedukasi kepada masyarakat bagi yang belum vaksin untuk segera vaksin.

“Jadi dengan adanya dua pocong ini mengedukasi kepada masyarakat supaya segera ikut vaksin,” katanya saat di jumpai di sela kegiatan vaksinasi di Gedung Serba Guna Desa Kenteng, Kamis (28/10/2021).

Dikatakan lebih lanjut, bagi warga desa yang tidak dapat mengikuti vaksinasi di balai desa, pihaknya bekerjasama dengan Pemerintah Desa dan tenaga kesehatan akan melakukan kunjungan ke rumah rumah atau dikenal dengan 'door to door'.

“Kita lakukan bekerjasama dengan pemerintah desa untuk vaksin door to door dan pada minggu ini sudah dilakukan. Dilaksanakan dari Pemdes maupun tenaga kesehatan tingkat desa,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Ketua Tim Satgas Covid-19 Desa Tegalgiri, Ngateman mengatakan bahwa sebanyak 3.250 warganya, terdapat 80 persen warga telah melakukan vaksinasi dosis 1 dan 2.

“Vaksinasi Desa Tegalgiri sementara ini 80 persen dari jumlah penduduk,” ujarnya saat ditemui di balai desa setempat.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali Teguh Tri Kuncoro, menjelaskan jika cakupan vaksinasi Kabupaten Boyolali berdasarkan data kartu tanda penduduk (KTP), secara umum sudah mencapai 82,77 persen. Selanjutnya untuk pelaksanaan vaksinasi, pihaknya mengatakan jika Dinkes Kabupaten Boyolali konsisten bekerjasama dengan tim desa yang saat ini sudah melakukan penyisiran hingga ke tingkat rukun tetangga (RT). (M-2)

Credits

Bagikan