9 Santri Berprestasi Terima Hadiah Bupati Purbalingga

user
agus 22 Oktober 2021, 20:15 WIB
untitled

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) piagam dan uang pembinaan kepada 9 santri berprestasi. Masing-masing Hanifah Naafiyani dari pondok pesantren (Ponpes) Minhajut Tholabah Desa Kembangan Kecamatan Bukateja yang meraih medali emas Indonesian Youth Science Competition (IYSC) 2020. Piagam dan uang pembinaan juga diterima Iftah Rofiqoh dari ponpes yang sama. Iftah meraih medali emas Advance Science Olympiad (ASO) 2021. Pemberian piagam dan uang pembinaan dilaksanakan pada upacara Hari Santri Nasional tahun 2021 di Halaman Pendopo Dipokusumo, Jum’at (22/10/2021).

Santri lainnya, yakni Rafi Hazza Saputra Nur Romadoni (Ponpes Minhajut Tholabah, Kembangan) peraih medali emas Olimpiade Sains dan ke-NU-an (OSKANU) II tahun 2021, Aris Saputra (Ponpes Roudlotus Solichin Solichat Kalijaran Karanganyar) juara 3 kategori SMA, Lomba Essay tingkat nasional tahun 2021, Zaqi Nur Fiqri (Ponpes An-Nahl, Karangreja, Kutasari) juara I bidang studi IPS jenjang MTs/Sederajat Kompetisi Sains Madrasah tahun 2021, Dwi Zaini Aziz (Ponpes Madani Tunjungmuli) peringkat I Pidato Putra MAPSI tahun 2021 tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Ghani Okti Nurjanah (Ponpes Darul Abror, Kedungjati) peraih medali perak maple IPS tingkat SMP/MTs Olimpiade Sains dan ke-NU-an (OSKANU) II tahun 2021, Galang Adhi Putra Pratama (Ponpes Ar-Rohman, Kalikabong) peraih medali perunggu mapel matematika tingkat SMP/MTs Olimpiade Sains dan ke-NU-an (OSKANU) II tahun 2021, Husnul Khotimah (Ponpes Darul Abror, Kedungjati) juara harapan II lomba baca kitab virtual se-Jawa Tengah tahun 2021.

Selain santri berprestasi, piagam penghargaan dan uang pembinaan juga diterima ponpes berprestasi dan grup hadroh. Untuk ponpes berprestasi terdiri Ponpes Minhajut Tholabah, Kembangan yang menjadi ponpes terbaik 1, Ponpes Darul Abror Kedungjati (terbaik 2) dan Ponpes Roudlotus Sholichin Shilochat, Kalijaran (terbaik 3). Pemenang lomba festival hadroh yang diselenggarakan Pemkab Purbalingga diantaranya Grup Hadroh Irsyadut Thullab Ponpes Irsyadut Thullab Kertanegara (juara I), Kanzen Sholawat Ponpes An Nahl Karangreja (juara II) dan Asbaabus Syafaat Ponpes Mambaul Ikhsan (Juara III).

Pada kesempatan itu, Bupati Tiwi mengingatkan komunitas santri dan pesantren agar ikut aktif dalam penanggulangan Covid-19. Tiwi mengingatkan keberhasilan penanganan Covid-19 tidak hanya tugas pemerintah.

“Diperlukan peran serta dan sengkuyung tokoh agama dan santri,” ujar Tiwi.

Karena ponpes juga merupakan lembaga pendidikan, santri bisa ikut serta dalam upaya menanggulangan Covid-19 dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) di lingkungan pondok Pesantren (Ponpes). Santri juga diharapkan membantu pemerintah dalam sosialisasi vaksinasi, bahwa vaksin aman, halal dan melindungi dari Covid-19.

“Karena vaksinasi merupakan upaya prioritas Pemkab Purbalingga agar status PPKM Purbalingga bisa turun dari level 3 ke level 2,” tuturnya.

Pemkab juga menyiapkan program vaksinasi khusus ponpes. Program itu sudah dikoordinasikan dengan Dinkes dan tinggal menunggu dropping vaksin dari pemerintah provinsi. Sedangkan program vaksinasi khusus pimpinan dan pengasuh ponpes sudah diprioritaskan dan dilaksanakan sebelumnya.

“Sasaran kita sekarang memang sedang mendorong pembelajaran tatap muka bagi para pelajar dan santri,” ujarnya. (Rus)

Credits

Bagikan