Tingkatkan Wawasan Pengelola Desa Wisata, Dispar Gelar Lomba Asah Terampil Pariwisata

user
danar 19 Oktober 2021, 04:10 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Guna meningkatkan wawasan kepariwisataan di kalangan para pelaku desa wisata, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kulonprogo menggelar lomba asah terampil pariwisiata di Komplek Objek Wisata (Obwis) Goa Kiskendo Kalurahan Jatimulyo Kapanewon Girimulyo.

Dalam lomba tersebut tampil sebagai juara pertama Desa Wisata Glagah Kapanewon Temon, juara dua Desa Wisata Banjaroya, Kalibawang dan juara tiga Desa Wisata Ngargosari Sapanewon Samigaluh.

Kepala Dispar setempat, Joko Mursito mengatakan, dengan kompetisi setiap desa wisata yang mengikuti lomba semangat mencari referensi informasi seputar kepariwisataan baik di Kulonprogo, DIY maupun tingkat nasional," katanya, Senin (18/10/2021).

Disebutkan lomba diikuti 14 desa wisata dan hanya tiga yang diambil sebagai juara. Pihaknya berharap hadiah yang diperoleh digunakan untuk mengembangkan desa wisata masing-masing.

Nampak hadir Wabup Kulonprogo Fajar Gegana, Dirut Badan Otorita Borobudur (BOB) Indah Juanita, Paniradya Pati Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho dan Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo.

Bupati Kulonprogo Drs Sutedjo sangat mengapresiasi lomba asah terampil pariwisata dan penyerahan hadiah Anugerah Desa Wisata Kulonprogo 2021. "Ini kegiatan yang luar biasa, sangat inovatif dan kreatif," pujinya.

Pihaknya menilai kegiatan-kegiatan yang diadakan Dispar Kulonprogo betul-betul bisa memanfaatkan situasi pandemi Covid-19 dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kebangkitan dunia pariwisata dan ekonomi kreatif di kabupaten ini.

"Hari jadi ke-70 Kabupaten Kulonprogo dengan tema 'Kulonprogo Gumregah, Kita Sehat Ekonomi Bangkit' betul-betul bisa dihayati melalui kegiatan-kegiatan seperti yang diadakan Dispar. Ini bagian dari pelaksanaan Kulonprogo Gumregah, kita sehat dan ekonomi bangkit. Melalui berbagai kegiatan menandakan kita tidak menyerah dengan keadaan pandemi Covid-19," tuturnya berharap semua stakeholder terus bergerak, berinovasi dan kreatif mengadakan kegiatan-kegiatan yang bisa memicu semangat masyarakat untuk bangkit.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Fajar Gegana menilai pelaksanaan lomba asah terampil pariwisiata dan kegiatan-kegiatan lain sudah sesuai ketentuan protokol kesehatan (prokes). "Saya terus memantau dan mengimbau sekaligus mengingatkan agar setiap kegiatan selalu menerapkan prokes pencegahan penularan Covid-19," tegas Fajar. (Rul)

Credits

Bagikan