Berkat TMMD Sengkuyung Tahap III Plosorejo Jadi Pelopor Desa Tuntas Vaksin

user
Ary B Prass 15 Oktober 2021, 13:17 WIB
untitled

KARANGANYAR, KRJOGJA.com- Desa Plosorejo Matesih menjadi pelopor Desa Tuntas Vaksin di Kabupaten Karanganyar. Pelaksanaan vaksinasi tuntas dimasukkan dalam program TMMD Sengkuyung Tahap III tahun 2021.

Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo mengapresiasi seluruh stakeholder percepatan vaksinasi. Diakuinya, antusias masyarakat cukup tinggi dalam memenuhi undangan. Selanjutnya, ia mendorong tim menyisir lagi warga sasaran vaksinasi di desa lain.

"Dapatnya mungkin sedikit-sedikit. Sehingga untuk membuka gerai vaksin, diperuntukkan kolektif untuk beberapa desa. Babinsa bersama Rt dan Rw serta kadus mendeteksi siapa yang belum vaksin dan kondisi mereka," katanya kepada KR usai menutup TMMD di Desa Plosorejo, Kamis (14/10/2021).

Apresiasi Desa tuntas vaksin di Plosorejo diberikan saat penutupan TMMD yang dihadiri Bupati Juliyatmono bersama jajaran pimpinan forkopimda. Pemerintah desa menerima piagam dari tim satgas percepatan vaksinasi. Tuntas vaksin di desa ini selesai bertepatan penutupan TMMD.

Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo meminta semua pihak agar selalu menjaga gotong royong. Sebab budaya gotong-royong dan membantu orang lain adalah ciri masyarakat Indonesia.

"Terus pupuk semangat kebersamaan, persatuan, toleransi atas perbedaan dan budaya gotong royong. Saya meminta agar fasilitas dan sarana prasarana yang telah dibangun agar tetap dijaga dan dipelihara agar dapat bermanfaat dalam kurun waktu yang cukup lama bagi masyarakat,” paparnya.

Kegiatan TMMD ini berlangsung 30 hari dari 15 September-14 Oktober. Kegiatan TMMD mempunyai 2 sasaran yaitu fisik dan nonfisik. Untuk sasaran fisik antara lain pembangunan jalan dan jembatan. Sedangkan sasaran nonfisik antara lain sosialisasi vaksinasi, sosialisasi etika, dan praktik lalu lintas, sosialisasi dalam hal hajatan di masa pandemi Covid-19.

Selain itu, ada juga sosialisasi peran Satgas Covid-19, penyuluhan perencanaan pembangunan, penyuluhan pemulasaran jenazah Covid-19.

Kepala Desa Plosorejo, Matesih, Hendri Widayati mengatakan vaksin dosis 2, akan dilaksanakan pekan depan.  Dia menilai warga sangat antusis mengikuti vaksin dosis 1 ini. Pernah suatu hari peserta vaksin di desanya mencapai 1.000 orang. Dengan adanya vaksinasi ini diharapkan warga dapat hidup sehat dan dapat mengurangi penyebaran virus covid-19.

"Dosis I sudah diberikan ke 3.950 warga. Tinggal 50 yang belum karena berkebutuhan khusus, komorbid dan ibu hamil belum cukup usia kandungan 3 bulan," katanya. (Lim)

Credits

Bagikan