Digelar Pemilos SMP/ MTs se Bantul, Terdapat Nilai Pendidikan Demokrasi

user
danar 13 Oktober 2021, 21:30 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Pemilihan Ketua Osis (Pemilos) tingkat SMP dan MTs se Kabupaten Bantul dilaunching secara virtual oleh Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih di lantai tiga Gedung induk Komplek Parasamya, Rabu (13/10/2021).

Dikemukakan oleh Bupati Bantul, dalam kegiatan E-Pemilos ini terdapat nilai pendidikan demokrasi, diantaranya menghomati pilihan yang berbeda dan memberikan ruang yang sama bagi setiap siswa untuk menggunakan hak pilihnya. Selain itu siswa juga dididik untuk menggunakan pertimbangan rasional di dalam melakukan dan menentukan pilihan calon ketua Osis di sekolahannya.

"Sehingga kita harapkan dari E-Pemilos ini akan melahirkan pemimpin - pemimpin muda yang cerdas, berkualitas dan bertanggungjawab yang dapat membawa kemajuan sekolah serta untuk masa depan Bantul yang lebih baik," harap Bupati Bantul.

Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul ,Didik Joko Nugroho melaporkan, pelaksanaan Pemilos merupakan bagian dari metode pendidikan memilih yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Bantul secara konsisten dan telah dimulai sejak tahun 2011 untuk jenjang pendidikan menengah. Sedangkan untuk jenjang pendidikan pertama dimulai sejak tahun 2017.

Selain itu, kegiatan Pemilos juga merupakan bagian dari peningkatan dan penguatan nilai-nilai demokrasi terutama bagi siswa di tingkat SMP/ MTs.

"Pada tahun 2021 ini pelaksanaan Pemilos ditengah pandemi Covid-19 . Karena itu pelaksanaan Pemilos dilakukan secara online . E- Pemilos untuk SMP dan MTs se Kabupaten Bantul diikuti sekitar 90 sekolah dengan jumlah siswa yang terlibat 37.443 siswa," papar Didik.

Dalam acara tersebut, juga dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara KPU dengan sejumlah instansi di Pemkab Bantul diantaranya BKAD, Dinas Dikpora, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Badan Kesbanglinmas, Dinas Dukcapil dan Dinas Kominfo. (Jdm)

Credits

Bagikan