2.221 Keluarga Penerima Manfaat di Temanggung Naik Kesejahteraan

user
Ary B Prass 10 Oktober 2021, 11:57 WIB
untitled

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Di tengah pandemi Covid-19, terdapat peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Temangung. Diantara buktinya adalah adanya graduasi peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Temanggung Prasojo mengatakan Dinas Sosial mencatat pada semester 3 tahun 2021 Program PKH di kabupaten tersebut telah dapat menggraduasi 2.221 keluarga penerima manfaat (KPH).

" Adanya graduasi KPH membuktikan keberhasilan program pemerintah untuk pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan," kata Prasojo, Minggu (10/10/2021).

Dia menerangkan graduasi PKH istilah lainnya adalah mundur dengan kesukarelaan dari kepesertaan PKH karena merasa sudah lebih sejahtera. Sebenarnya pada awal pandemi Covid-19 dikhawatirkan akan ada lonjakan kemiskinan dan penambahan peserta PKH.

Kemiskinan ini, terangnya, karena pendapatan keluarga berkurang sebagai dampak penurunan laju ekonomi. Namun dengan berbagai program yang dikeluarkan pemerintah dalam mengatasi Covid-19, mendisiplinkan warga dalam penerapan protokol kesehatan, telah mampu mendongkrak perekonomian dan peningkatan kesejahteraan.

" Menjadi pertanda bahwa implementasi PKH memberikan dampak positif pada peningkatan kesejahteraan keluarga penerima manfaat (KPM)," kata dia.

Dia mengatakan di tahun 2021 semester 3 ini program PKH di kab Temanggung telah dapat mengraduasi 2.221 KPM. Mereka terdiri dari 1.232 graduasi sejahtera mandiri dan 989 graduasi lainnya.

Dia menyampaikan berdasarkan 'Final Closing' tahap 4 tahun 2021 jumlah peserta PKH di Kabupaten Temanggung sebanyak 37.436 KPM.

Untuk pengucuran bansos PKH tahap ketiga, katanya para pendamping PKH baru mengawal proses pencairan bansos PKH tahab 3 tahun 2021 yang kini sudah pada termin 9. " Pendamping juga tengah bekerja untuk validasi peserta baru by sistem," kata dia.

Dia menerangkan KPM PKH yang graduasi sejahtera mandiri diharapkan dapat menginspirasi KPM PKH yang lain untuk meningkatkan taraf ekonomi keluarga.

Sehingga tahun 2022 akan banyak KPM yang keluar dari kepesertaan PKH dan tidak bergantung kembali dengan Bansos PKH maupun bansos yang lainnya. (Osy)

Kredit

Bagikan