Penuhi Kebutuhan Gizi, Anak Kurang Mampu Terdampak Pandemi Corona Dapat Bantuan Beras

user
agus 05 Oktober 2021, 23:11 WIB
untitled

SUKOHARJO, KRjogja.com - Pemkab Sukoharjo melaksanakan penyerahan bantuan beras cadangan pangan untuk penanganan kerawanan pangan diberikan kepada 1.049 anak. Penyaluran bantuan secara simbolis digelar di Lobi Kantor Bupati dipimpin langsung Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Selasa (5/10). Bantuan beras diberikan kepada anak-anak kurang mampu terdampak pandemi virus Corona.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, Pemkab Sukoharjo sebelumnya sudah sering melaksanakan penyaluran bantuan terdampak pandemi virus Corona kepada orang dewasa dan sasaran lainnya. Namun kali ini bantuan beras diberikan kepada anak-anak kurang mampu terdampak pandemi virus Corona. Pemkab Sukoharjo sengaja memberikan bantuan beras dengan maksud memenuhi kebutuhan pokok pangan sekaligus menjaga kebutuhan gizi anak-anak. Hal ini diharapkan bisa menjaga kesehatan anak-anak ditengah pandemi virus Corona sehingga tidak mudah tertular penyakit.

Total ada 1.049 anak penerima bantuan beras dari Pemkab Sukoharjo. Anak-anak penerima bantuan beras tersebut berasal dari sejumlah wilayah di Kabupaten Sukoharjo. Masing-masing anak menerima sebanyak 15 kilogram beras.

Pemkab Sukoharjo berharap bantuan beras yang diberikan bisa dimanfaatkan oleh orang tua untuk memenuhi kebutuhan anak ditengah pandemi virus Corona. Para orang tua juga diminta untuk memperhatikan kondisi kesehatan dan kecukupan gizi anak.

"Selama ini bantuan sudah sering menyasar orang tua, maka bantuan beras kali ini diberikan pada anak-anak terdampak pandemi virus Corona," ujarnya.

Etik Suryani menjelaskan, penyaluran bantuan beras ini merupakan inisiatif dari Dinas Ketahanan Pangan yang memiliki cadangan pangan berupa beras. Program tersebut sangat positif dan membantu masyarakat terdampak pandemi virus Corona khususnya anak-anak.

"Bantuan beras langsung diberikan kepada masing-masing penerima. Penyaluran dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan sudah ada data nama dan alamat penerima," lanjutnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sukoharjo Endang Tien Maryuni mengatakan, Dinas Ketahanan Pangan Sukoharjo sudah memiliki program terkait cadangan pangan daerah berupa beras. Dinas Ketahanan Pangan Sukoharjo kemudian menyalurkan cadangan pangan berupa beras tersebut kepada anak-anak terdampak pandemi virus Corona.

Cadangan pangan beras dikatakan Endang Tien Maryuni sudah menjadi program lama Pemkab Sukoharjo. Cadangan pangan tersebut berwujud beras bisa dikeluarkan untuk digunakan dalam kondisi tersebut salah satunya membantu masyarakat yang membutuhkan memenuhi kebutuhan pangan berupa beras.

Dinas Ketahanan Pangan Sukoharjo menyasar penerima bantuan beras diprioritaskan pada anak usia dibawah lima tahun yang berasal dari keluarga kurang mampu. Selain itu sasaran lainnya yakni anak-anak yang mengalami gizi buruk dan lainnya.

"Bantuan beras untuk anak-anak diberikan secara merata dan didistribusikan melalui 12 kecamatan. Penerima bantuan langsung mendapatkan beras untuk selanjutnya digunakan memenuhi kebutuhan pangan anak," ujarnya.

Masing-masing anak menerima bantuan beras sama sebanyak 15 kilogram. Endang Tien Maryuni mengatakan, harapannya anak-anak terdampak pandemi virus Corona tetap dalam kondisi sehat setelah kebutuhan pangan terpenuhi. (Mam)

Credits

Bagikan