Sahabat Ganjar Menilai Cuitan Natalius Pigai Tak Akan Lukai Persahabatan

user
agus 04 Oktober 2021, 09:31 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Cuitan Natalius Pigai sebagai mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) jadi sorotan beberapa hari terakhir. Pigai diketahui mengatasnamakan masyarakat Papua menyebut 'Jangan percaya orang Jawa Tengah Jokowi & Ganjar' dengan tanda kutip pada kata Jawa Tengah.

Sahabat Ganjar Papua dan Sahabat Ganjar Indonesia pun merespon hal tersebut, Senin (4/10/2021). Ketua DPW Sahabat Ganjar Papua, Isak Caki Giabo, melalui pernyataan tertulisnya mengatakan masyarakat Papua tidak terprovokasi dengan apa yang disampaikan Pigai.

“Harapan kami, orang Papua tidak boleh terprovokasi dengan apa yang disampaikan oleh abang kami, Natalius Pigai karena itu cuma kepentingan pribadi semata,” ungkapnya pada media.

Isak mengatakan, secara pribadi menghormati Natalius Pigai, namun cara Natalius Pigai berpolitik dinilai seolah menunjukkan penuh dengan dendam pribadi dengan mencuitkan hal rasialis. “Kita orang Papua, mungkin berbicara tentang rasis ini ya pernah ada, tapi ini kan bukan pada umumnya semua orang Jawa sampaikan rasis terhadap orang Papua,” sambung Isak.

Sahabat Ganjar Papua menilai, cuitan yang disampaikan Natalius Pigai hanya akan menjadi pernyataan pribadi yang tidak akan mencoreng persahabatan masyarakat Papua dengan masyarakat lain di luar Papua. Mayoritas masyarakat Papua dinilai Isak masih sangat menghormati sosok Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“Jadi, sementara kita masih ada di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia, kita tidak usah memvonis orang seperti itu. Apalagi sama Pak Ganjar. Ini kan, kalau bisa mau dilihat, ini hal yang memang sangat secara pribadi melukai kami sebagai pemberi dukungan kepada Pak Ganjar karena apa, Ganjar itu orangnya simpel, ketokohan, kebapakan, sama beberapa kami, kepedulian beliau sama masyarakat mahasiswa-mahasiswa Papua yang ada di Jawa Tengah sangat besar,” tegasnya.

Sementara, dari Yogyakarta, Aluysius Jaka mewakili DPP Sahabat Ganjar Indonesia berharap dalam menyampaikan kritik, sebaiknya siapa saja harus memiliki dasar kuat, bukan dalam arah memfitnah. Bersikap kritis adalah hal yang baik, karena dibutuhkan untuk mengkoreksi sikap dan perbuatan.

“Namun, bila itu bentuknya fitnah, mungkin lebih baik tidak perlu disampaikan, agar kerukunan di negeri ini tetap terjaga. Papua adalah bagian dari Indonesia, Sahabat Ganjar ada di seluruh Indonesia, termasuk di Papua dan Papua Barat, karena kami mempunyai DPW di kedua wilayah tersebut. Dan kami masih solid,” imbuh Aluysius Jaka.

Aluysius pun menghimbau seluruh relawan pendukung Ganjar Pranowo agar tidak terpancing atas pernyataan Natalius Pigai. Pernyataan Natalius Pigai dinilai bukanlah hal besar yang akan mencoreng persahabatan sesama relawan.

“Saya himbau untuk semua anggota Sahabat Ganjar yang tersebar di seluruh Indonesia, agar tetap solid, fokus memberikan informasi terbaik tentang kinerja Ganjar Pranowo ke seluruh lapisan masyarakat. Jangan ikut-ikutan terpancing opini pihak lain yang kurang bermanfaat bagi perkembangan organisasi dan figur Ganjar Pranowo,” pungkasnya. (Fxh)

Credits

Bagikan