Vaksinasi di DIY, Akhir November Dosis Pertama Capai 100 Persen

user
danar 03 Oktober 2021, 10:10 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Pemda DIY terus melakukan percepatan vaksinasi. Semua itu dilakukan untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity. Upaya percepatan vaksinasi itu dilakukan dengan berbagai stakeholder terutama TNI-Polri dan swasta.

"Kami mengoptimalkan keberadaan mobil vaksinasi untuk menjangkau lansia yang tidak datang ke lokasi karena keterbatasan mobilitas. Dengan adanya percepatan itu ditargetkan akhir November capaian vaksinasi untuk dosis pertama bisa mencapai 100 persen," kata Ketua Satgas Percepatan Vaksin Covid-19 DIY Sumadi, Sabtu (2/10/2021) malam.

Untuk mencapai target itu, katanya, Pemda DIY tak hanya mendekatkan vaksinasi ke titik terdekat dengan masyarakat. Namun, juga mempermudah persyaratan bagi calon penerima vaksin. Karena calon penerima vaksin tidak hanya menyasar Nomor Induk Kependudukan (NIK) DIY, tapi target penerima diperluas kepada warga yang berdomisili di Yogya. Termasuk didalamnya kalangan pelajar dan mahasiswa.

Adapun untuk melakukan pendataan nama dan jumlah mahasiswa dilakukan kampus. Data tersebut kemudian disaring, bagi yang belum mendapatkan vaksin Covid-19 di daerah asal akan difasilitasi Pemda DIY.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Biro Umum, Humas dan Protokol (UHP) Setda DIY Ditya Nanaryo Aji melaporkan kasus konfirmasi positif harian Covid-19 di DIY bertambah 54 kasus sehingga total 154.947 kasus pada Sabtu (2/10/2021). Rerata kasus positif harian mencapai 0,63 persen dengan jumlah kasus aktif mencapai 1.374 kasus.

Ditya mengatakan, angka kesembuhan terus bertambah sebanyak 117 kasus dengan demikian total kesembuhan di DIY mencapai 148.337 kasus. Sementara itu, pasien meninggal dunia akibat Covid-19 di DIY bertambah 4 kasus, sehingga total kasus meninggal mencapai 5.196 kasus.(Ria/Ira)

Credits

Bagikan