BIN Gelar Vaksinasi "Door to Door" Sasar Warga Pinggiran

user
Ary B Prass 29 Agustus 2021, 20:37 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJogja.com - Dalam upaya mensukseskan program pemerintah mewujudkan herd immunity atau kekebalan komunal guna mencegah penularan Covid-19, Badan Intelejen Negara (BIN) melaksanakan vaksinasi door to door atau dari rumah ke rumah di wilayah pinggiran Kabupaten Kulonprogo.

“Hari ini kami melaksanakan vaksinasi door to door di Kulonprogo untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan target vaksinasi 3 juta perhari,” kata Koordinator vaksinasi door to door BIN, Wuri Atmaja di sela kegiatan di Padukuhan Malangan dan Klumutan Kalurahan Srikayangan, Kapanewon Sentolo, Minggu (29/8/2021).

Selain door to door  juga dilakukan vaksinasi di Balai Kalurahan Srikayangan.

Vaksinasi door to door, petugas mendatangi satu persatu rumah warga. Semua proses mulai dari pendaftaran, screening sampai  penyuntikan dilakukan di rumah warga. Vaksinasi menyasar kalangan lansia, pelajar dan warga yang terkendala akses. Karena jarak rumah mereka dengan puskesmas cukup jauh lebih dari 5 kilometer.

“Sasaran vaksinasi kita mulai dari pelajar, lansia dan warga yang terkenda akses menuju ke pusat layanan kesehatan,” jelas Wuri Atmaja.

Sementara itu Dukuh Malangan Purwanti menilai, vaksinasi door to door yang dilaksanakan BIN bekerja sama dengan Politeknis Kesehatan (Poltekkes) Yogyakarta dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo cocok dilaksanakan di wilayahnya.

Vaksinasi seperti itu sangat membantu warga, karena akses ke puskesmas maupun ke rumah sakit cukup jauh. Sementara warga memiliki kesibukan menggarap lahan pertanian.

Peserta vaksin Rike Suni Rahayu senang bisa ikut vaksin yang diadakan BIN. Meski ada sedikit rasa takut tapi dirinya tidak antre. Tim medis langsung memeriksa dan melakukan vaksinasi. (Rul)

Kredit

Bagikan