Bikin Mural, Padokan Lor Sambut Hari Kemerdekaan RI

user
Ary B Prass 01 Agustus 2021, 11:30 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com- Dengan melupakan dampak dari penerapan PPKM Darurat hingga Level IV, warga dusun Padokan Lor, Tirtonirmolo Kasihan Bantul, terutama RT 02 menghias dusunnya dengan membuat mural di semua tembok pagar bertema "Indonesia Merdeka', sehingga menjadikan situasi dusun semarak. Kegiatan tersebut untuk menyambut peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-76.

Mujiyanto dan  Supriyanto, selaku koordinatornya Minggu (1/8/2021) menuturkan, kegiatan warga mempercantik diri dengan mural tersebut merupakan semangat memperingati Hari Kemerdekaan RI-76.

"Walaupun kondisi ekonomi warga sedang terpuruk karena dampak pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM, warga tidak boleh kendor dalam menerima semangat kemerdekaan yang telah diwariskan dengan taruhan nyawa oleh para pejuang bangsa terdahulu," ungkap Mujiyanto.

Untuk membuat mural di setiap tembok pagar warga perlu membutuhkan waktu lama, sehingga kegiatan tersebut sudah dimulai sebelum memasuki bulan Agustus 2021. Bahkan harus nglembur. Selain membuat mural, warga juga menghias gapura masuk dusun serta memasang bendera renteng.

Menurut Mujiyanto, kegiatan ini juga untuk memberikan kesempatan kepada anak- anak dan pelajar selama tidak sekolah karena pandemi Covid-19 untuk berkreasi dan mengingatkan agar tetap tidak melupakan jasa perjuangan para pahlawan kemerdekaan.  Selama kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sementara selama pandemi Covid-19 warga Padokan Lor membentuk Tim Gugus Pengendalian Covid-19 hingga tingkat RT. Tugas Tim diantaranya mengkoordinasi membatu warga yang sedang menjalani Isoma, memberi jatah makan dan vitamin dari dana gotong royong warga. (Jdm)

Kredit

Bagikan