Ikatan Tali Terlepas, Sapi Kurban Lari Tercebur Septic Tank

user
danar 21 Juli 2021, 22:10 WIB
untitled

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Seekor sapi kurban di Dukuh Morodipan, Desa Gonilan, Kecamatan Kartasura terlepas dari ikatan tali kemudian berlari saat akan disembelih dan masuk kedalam septic tank disalah satu rumah warga, Rabu (21/7/2021). Proses evakuasi berlangsung cukup lama dengan melibatkan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo.

Salah satu panitia hewan kurban di Dukuh Morodipan, Desa Gonilan, Kecamatan Kartasura, Antok, mengatakan, kejadian sapi kurban terlepas saat hendak disembelih terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Kejadian bermula saat panitia penyembelihan hewan kurban Masjid Nurul Islam di Dukuh Morodipan, Desa Gonilan, Kecamatan Kartasura telah menyelesaikan penyembelihan tiga sapi kurban. Panitia kemudian akan melanjutkan penyembelihan satu sapi kurban terakhir.

Sebelum proses penyembelihan tersebut panitia sudah melihat kondisi sapi kurban beringas. Sapi kurban kemudian terus berusaha melepaskan ikatan tali. Usaha tersebut berhasil setelah dua ikatan tali terlepas dan sapi kemudian lari dari lokasi semula.

Sapi berlari menjauh dari masjid dan mendekati pemukiman penduduk. Panitia berusaha mencegah sapi kurban berlari. Akibatnya membuat salah satu panitia terjatuh. Beruntung tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

"Setelah lari sapi kemudian tercebur dalam septic tank di salah satu rumah warga," ujarnya.

Panitia kurban berusaha menarik sapi namun gagal karena ukurannya yang besar. Panitia kurban kemudian meminta bantuan pada petugas Damkar Satpol PP Sukoharjo. Proses evakuasi sapi kurban berjalan cukup lama.

Kabid Damkar Satpol PP Sukoharjo Margono mengatakan, kondisi septic tank berukuran 1x2 meter. Sedangkan sapi berukuran cukup besar. Selain itu lokasi septic tank tempat sapi tercebur juga berada didalam membuat petugas sempat mengalami kesulitan.

Petugas Damkar Sukoharjo butuh waktu dua jam untuk melakukan evakuasi sapi kurban dari dalam septic tank. Evakuasi dilakukan petugas dengan cara mengisi septic tank dengan air. Tujuannya agar badan sapi terangkat ke atas dan mempermudah proses pengangkatan saat evakuasi.

"Petugas melakukan evakuasi dengan memasang tali dan menarik tubuh sapi hingga keluar dari septic tank," ujarnya.

Damkar Satpol PP Sukoharjo setelah berhasil melakukan evakuasi langsung meyerahkan sapi kurban pada pihak panitia. Kejadian sapi kurban tercebur dalam septic tank sempat menghebohkan warga dengan berusaha melihat dari dekat. (Mam)

Kredit

Bagikan