Gerak BIN Vaksinasi Siswa Indonesia Terus Berlanjut, Upaya Selamatkan Penerus Bangsa

user
Ary B Prass 19 Juli 2021, 14:00 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Gerakan vaksinasi siswa yang dilakukan Badan Inteligen Negara (BIN) terus berlanjut di beberapa wilayah Indonesia. Senin (19/7/2021) vaksinasi dilakukan serentak di beberapa lokasi seperti Kota Yogyakarta, Banten dan Bogor.

Kepala BIN, Jenderal Polisi (Purn) Prof Budi Gunawan mengungkap vaksinasi siswa menjadi program utama yang akan dilakukan untuk memerangi pandemi Covid-19. Apalagi, kini penularan kasus Covid di Indonesia didominasi klaster keluarga dengan persentase hingga 85 ribu.

“Anak-anak kasus positif yang tertular meningkat, sehingga BIN fokus pada anak-anak SMP dan SMA, karena mereka adalah generasi yang harus diselamatkan sebagai penerus bangsa,” ungkap Budi dalam rilis tertulis yang diterima KRjogja.com, Senin (19/7/2021).

Hari ini vaksinasi dilaksanakan di Kesatuan Junior High School Bogor, Komplek Pulo Armen, Jl Raya Pajajaran, Baranangsiang, Bogor dan lokasi kedua yang dikunjungi adalah Islamic School Al Azhar BSD, Tangsel, Banten. BIN sekaligis memberikan bansos (bantuan sosial) berupa sembako termasuk vitamin secara door to door serentak di Banten dan Bogor.

Budi Gunawan menegaskan, vaksinasi sangat penting dilakukan karena penularan Covid-19 dapat dikendalikan dan masyarakat telah beradaptasi dengan prokes 5 M. Proses belajar mengajar tatap muka dapat segera diterapkan kemudian.

“Tentunya prorgam vaksinasi ini dilandaskan pada pendekatan ilmiah, kemanjuran dan keamanan telah melewati berbagai jenis uji. Oleh karena itu diharapkan mampu memutus mata rantai penularan, memperkecil risiko klaster keluarga, dan mengurangi risiko fatal (kematian) jika terinfeksi Covid-19,” tandas dia.

Seperti diketahui, sampai saat ini dari 2,9 juta total kasus positif terdapat 250 ribu kasus anak. Vaksinasi diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran virus yang kini muncul dengan berbagai varian baru itu.

Budi juga berpesan pada para siswa dan orangtua untuk lebih cermat dalam mencerna berita hoax yang masif beberapa waktu terakhir. Vaksinasi kini jadi satu-satunya jalan yang bisa menyelamatkan diri sendiri dan orang di sekitar.

“Door to door vaksin dan sekaligus pembagian sembako yang dilakukan BIN dengan pendekatan langsung kepada masyarakat, sekaligus melakukan metode vaksinasi jemput bola diharapkan mampu meningkatkan partisipasi warga dalam melaksanakan vaksinasi. Karena metode ini terbukti dapat menjangkau keluarga yang belum mempunyai akses vaksin. Selain itu dapat pula menjangkau individu yang takut keluar rumah untuk menghindari tertular Covid-19,” papar Budi. (Fxh)

Kredit

Bagikan