Percepat Vaksin Kadin DIY Berharap Perekonomian Segera Pulih

user
Ary B Prass 18 Juli 2021, 14:49 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) proaktif mendukung percepatan percepatan vaksinasi Covid-19 bagi pelaku UMKM, koperasi, ritel dan dunia usaha lainnya di DIY. Kali ini, Kadin DIY dan Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM DIY dan Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY menggelar vaksinasi massal dengan target sasaran 50.000 orang mulai Juli hingga Agustus 2021 mendatang.

Ketua Panitia Vaksinasi Kadin DIY Tim Apriyanto meyakini program vaksinasi Covid-19 adalah sebuah game changer guna mengendalikan pandemi dan menjadi kunci yang menentukan pulihnya kehidupan  masyarakat termasuk aspek perekonomian. Percepatan pemulihan ekonomi tersebut pun membutuhkan adanya prasyarat yaitu vaksinasi dan penerapan protokol yang ketat.

"Kadin DIY bersama Dinkes DIY telah berhasil menggelar vaksinasi Covid-19 massal bagi pelaku UMKM, koperasi dan dunia usaha di DIY dengan target 50 ribu sasaran dan berhasil terealisasi 28.978 orang baik di sentra vaksin Jogja Expo Center (JEC) maupun pabrik pada Juni 2021 lalu. Kami pun menargetkan sasaran yang sama pada vaksinasi kali ini sebanyak 50 ribu orang sepanjang Juni sampai Agustus 2021 mendatang," paparnya kepada KR di Yogyakarta, Minggu (18/7/2021).

Tim mengatakan dalam percepatan program vaksinasi Covid-19 ini, pihaknya menyederhanakan vaksinasi baik melalui sentra vaksinasi yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se-DIY dan vaksinasi keliling atau mobile guna menjangkau sasaran-sasaran lebih luas alias jempot bola. Upaya tersebut merupakan langkah akselerasi pelaksanaan vaksinasi yang dibarengi dengan percepatan optimalisasi 3T berupa Testing, Tracing dan Treatment di DIY.

"Program percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ditargetkan 50 ribu sasaran jika ditambah dengan realisasi vaksinasi sebelumnya setidaknya hampir mencapai 89 ribu orang. Tidak hanya ini, masih akan ditambah 30 ribu orang dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY dengan harapan bisa membantu mewujudkan target 70 persen penduduk DIY sudah tervaksinasi pada Agustus 2021 nantinya," terangnya.

Komite Tetap Pengembangan Kesekretariatan Kadin DIY tersebut menyampaikan capaian vaksinasi Covid-19 di DIY pun sebenarnya tergolong tinggi, namun masih jauh jika dibandingkan dengan target 70 persen dari total populasi penduduk di DIY saat ini. Rata-rata harian vaksinasi di DIY hanya 10 ribu orang, namun jika dimungkinkan akan ditingkatkan setidaknya menjadi 30 ribu orang per hari sehingga membutuhkan akselerasi vaksinasi.

"Kami sangat berharap percepatan vaksinasi Covid-19 di DIY ini bisa membuat masyarakat bisa kembali beraktivitas sehingga perekonomian di DIY segera pulih. Sebab beban PPKM Darurat ini tentu secara psikologis maupun ekonomis sangat berat terutama bagi masyarakat dari sektor informal. Harapannya angka kasus Covid-19 bisa dikendalikan dan sesuai kapasitas sistem kesehatan daerah. Segera vaksinasi dipercepat, 3T ditingkatkan maka masyarakat sehat maka perekonomian segera pulih," pungkas Tim. (Ira) 

Kredit

Bagikan