Pandemi Meluas, Pengawasan Penyembelihan Hewan Kurban Bakal Diperketat

user
danar 03 Juli 2021, 08:10 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Pengawasan terhadap penyembelihan hewan kurban Hari Raya Idul Adha bakal diperketat. Meski hal tersebut jadi dilema bagi Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Bantul. Karena kegiatan tersebut dipredeksi bakal melibatkan banyak orang. Kendati begitu pemerintah tetap mendorong masyarakat taat prokes.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Bantul, Joko Waluyo SPt MSi, Jumat (2/7/2021) mengatakan, pihaknya tidak mungkin melarang takmir masjid atau masyarakat menyembelih hewan kurban. "Jelas tidak mungkin kami melarang perayaan Hari Idul Adha dengan pemotongan hewan kurban, tetapi kami hanya minta selalu patuh prokes," ujarnya.

Kendati tidak melarang, pihaknya akan melakukan pengawasan ketat ketika pelaksanaan pemotongan hewan kurban. Selain itu, orang-orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut juga akan dibatasi.

"Kita akan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 supaya proses pemotongan hewan kurban sesuai protokol kesehatan," ujarnya. Selain itu, DPPKP Bantul sudah mengajukan surat edaran Bupati terkait pemotongan hewan kurban ditengah pandemi. Termasuk didalamnya penyedia hewan kurban diminta memfasilitasi pemotongan dan mengantar dalam packing sudah sesuai permintaan.

Joko mengungkapkan, takmir masjid harus memastikan daging diberikan kepada penerima tanpa harus hadir ke lokasi pemotongan. Joko mengatakan, hewan kurban harus mengantongi Surat Ketarangan Kesehatan Hewan (SKKH). Hal tersebut penting karena sebagian besar hewan kurban dari luar Bantul. "Petugas kesehatan hewan juga akan memantau kesehatan hewan kurban di kandang milik pedagang hewan kurban hanya untuk memastikan hewan kurban sehat," kata Joko.

Joko memprediksi, jumlah hewan kurban sapi tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Hal ini dipantau dari sejumlah pedagang hewan kurban khususnya sapi sudah laku diatas 75 persen.(Roy)

Kredit

Bagikan