‘Tongseng Kembang Gedhang Kuah Sosro’ Juara Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Yogyakarta Bersama Tehbotol Sosro

user
agus 29 Juni 2021, 19:13 WIB
untitled

Yogya, KRjogja.com - Setelah sukses dengan pelaksanaan webinar dan kompetisi resep berjudul “Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Yogyakarta Bersama Tehbotol Sosro” pada 09 Juni 2021, Tehbotol Sosro bersama dengan Angkringan Jogja Citymewah menyelenggarakan workshop beserta penjurian kompetisi kreasi kuliner lokal. Acara yang diselenggarakan secara live streaming melalui youtube, berlangsung lancar dan mendapat sambutan hangat dari para pelaku UMKM se-Yogyakarta.

Sejak dimulainya kompetisi kreasi kuliner asli lokal ini, terdapat 102 resep yang dikirim oleh 102 peserta secara online. Rangkaian kegiatan tersebut merupakan salah satu dari program gerakan Locals Unite dari Tehbotol Sosro.

Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua Koperasi Noto Wono - Purwo Harsono, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat Tidak hanya mewajibkan peserta bermasker, peserta dan panitia juga diwajibkan melakukan tes antigen, dan hanya hasil negatif yang dapat mengikuti proses penjurian. Selain itu, untuk menghindari kerumuman, para peserta juga terbagi dari beberapa sesi penjadwalan penjurian. Sehingga proses penjurian tetap dapat berjalan aman.

Diawali dengan pemberian materi dan pembinaan dari para praktisi kuliner serta chef nasional pada webinar sebelumnya, kali ini para pelaku UMKM berkesempatan untuk mengikuti kompetisi dan workshop yang dilanjutkan dengan ajang pameran kreasi resep dari para peserta. Para pelaku UMKM kuliner diajak untuk mengembangkan dan menciptakan kreasi kuliner asli lokal menggunakan produk Tehbotol Sosro. Terdapat 102 resep yang terseleksi untuk dipamerkan dan dijuri oleh tiga juri lokal; Chef Ivan Putra, Chef Nanang Satwanto, Chef Resti Setiawati, serta chef nasional - Chef Ari Galih. Melalui kompetisi ini, para peserta berkesempatan untuk mendapatkan pembinaan modal total senilai 150 juta bersama Tehbotol Sosro.

“Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah Bersama Tehbotol Sosro ini merupakan bagian dari gerakan Locals Unite yang kami mulai sejak 12 Agustus 2020. Bidang kuliner menjadi salah satu dari 3 fokus kami, fashion dan karya seni. Harapan kami, melalui gerakan Locals Unite kami bisa membantu brand-brand lokal dengan menjadi wadah bagi para UMKM untuk berinovasi dan berkreasi dalam mengembangkan kuliner khas lokal,” kata Denta Anggakusuma selaku General Manager PT Sinar Sosro yang hadir secara online dalam acara,

Sementara itu Ketua Koperasi Noto Wono - Purwo Harsono yang menyampaikan apresiasinya kepada UMKM. “Saya salut kepada semangat teman-teman UMKM, yang ternyata antusiasnya, kreativitasnya, serta inovasinya begitu tinggi. Semangat ini yang dibutuhkan oleh teman-teman UMKM agar tetap terus berkembang,” imbuhnya.

Tidak hanya mendapat semangat dan dukungan, para peserta UMKM juga kembali mendapatkan materi dari Chef Resti - Owner LaPatate Spice Lab. Sebagai seorang pengusaha yang dikenal di Kota Yogyakarta, Chef Resti memberikan beberapa tips suksesnya kepada para UMKM. Dia mengatakan bahwa, “Menjadi pelaku usaha kuliner memang bukan hal yang mudah, apalagi di tengah pandemi dan perkembangan zaman yang kian canggih. Kita harus berinovasi, berkreasi, dan tentu melek teknologi agar produk UMKM bisa lebih naik kelas dan dapat bersaing secara lokal maupun global,” papar Chef Resti.

Resep kreasi peserta tidak hanya dinilai secara konsep, namun turut dilakukan tasting kepada dewan juri. Sebagai salah satu dewan juri, Chef Ari turut mengevaluasi resep-resep yang dikirimkan peserta. “Kreativitas peserta ini luar biasa. Kuliner yang dibuat sangat beragam, mulai dari kudapan, makanan berat, hingga dessert. Kombinasi resep khas lokal dengan Tehbotol Sosro menghadirkan rasa yang unik yang menambah nilai pada kuliner yang disajikan peserta. Kompetisi yang cukup ketat untuk memilih juara lokal”, jelas Chef Ari.

Mengetahui antusias peserta, Denta juga menyampaikan apresiasi dan harapannya terhadap resep yang dikompetisikan. “Kami sangat mengapresiasi 102 resep yang sudah masuk. Semua menu tersebut, saya harapkan akan memperkaya kuliner khas Kota Yogyakarta dan memberi warna sendiri dengan adanya Tehbotol Sosro yang menjadi bagian dari makanan khas lokal Yogyakarta.”

Kreasi resep peserta dinilai dari segi rasa, tampilan, dan keselarasan. Setelah hampir setengah hari dilakukan proses penjurian, terpilih tiga pemenang utama yang diumumkan melalui live streaming tersebut. Pemenang pertama adalah kreasi Tongseng Kembang Gedhang Kuah Sosro oleh Srini, juara dua adalah Huling (Tahu Guling) Sosro oleh Dwi Juriyati,  dan juara tiga adalah Inovasi Dawet Sosro oleh Zunnita Wihar Meyla. Meski hadir melalui zoom, Denta turut memberikan selamat kepada juara yang terpilih.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang juara 1, 2, dan 3. Niat baik kami melalui kegiatan kreasi kolaborasi kuliner khas lokal ini, semoga menjadi langkah awal yang baik bagi para pemenang maupun peserta yang sudah bergabung dalam kompetisi. Untuk para peserta yang belum terpilih sebagai juara, kami juga sangat mengapresiasi kerja keras dan kreatifitasnya, mari terus berkarya dan berkolaborasi dengan Tehbotol Sosro di kesempatan yang lain. Kedepannya para peserta diharapkan untuk bergabung di dalam Gerakan Locals Unite, sehingga karya mereka dapat dikembangkan lebih lanjut lewat bimbingan yang diberikan,” papar Denta.

Selaras dengan kegiatan webinar, kegiatan workshop dan penjurian kompetisi ini juga hadir di lima kota/kabupaten lainnya, yaitu Malang, Solo, Majalengka, Palembang, dan Pontianak. Bersama enam daerah tersebut, Tehbotol Sosro mengajak para pelaku UMKM untuk berkreasi dan berinovasi untuk mengembangkan kuliner asli lokal. Dibawah naungan gerakan Locals Unite, Tehbotol Sosro ingin berkolaborasi dengan UMKM lokal untuk meningkatkan perkembangan kuliner khas lokal serta mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk lokal. (*)

 

Credits

Bagikan