Dicko Harya Mantab di Dunia Musik

user
agus 14 Juni 2021, 13:45 WIB

SUDAH memiliki ketertarikan di dunia seni, khususnya di bidang tarik suara sejak kecil. Pemilik nama lengkap Kurniawan Harya Mahardika ini makin mantap memilih dunia musik sebagai jalan hidupnya.

Pria kelahiran 22 Agustus 1994 yang akrab dikenal dengan nama Dicko Harya tersebut saat ini menapaki jalur solo karir. Sebelumnya, alumni SMM Yogyakarta ini menjadi vokalis orkestra Journey to the Future (JTTF) yang sempat vakum meski kini mulai bergeliat lagi.

"Kalau nyanyi sih sudah dari TK. Dulu sering ikut tampil di berbagai acara. Malahan kalau main sama teman-teman waktu kecil, kata orang sering tampil nyanyi. Kalau tidak dilihat nangis," kata Dicko saat berbincang santai dengan KR, Rabu (9/6).

Meski memiliki darah seni dari orangtuanya dan keluarga terdekat lain, putra pasangan Suharjan-Wahyu Darmawati tersebut tetap mengasah kemampuan. Salah satunya dengan ikut les vokal di Purwacaraka. Kini, Dicko cukup dikenal dengan karya-karyanya yang cukup apik dengan mengcover lagu artis nasional di kanal YouTube Dicko Harya.

Bahkan, ia sempat kolaborasi dengan sejumlah Youtuber kenamaan yang memiliki pengikut cukup banyak di jagad maya. Selain itu, Dicko juga juga pernah kolaborasi dengan musisi sekelas RAN, alm Glenn Fredly dan lainnya.

Dicko juga kerap memboyong prestasi ketika ikut dalam lomba tarik suara. Malahan tidak cuma nyanyi. Dalam penampilannya, mahasiswa UMY tersebut sering pula sambil bermain piano yang memang menjadi salah satu kapiawaiannya.

Kemantapan Dicko di dunia juga ditandai dengan rencana rilis karya sendiri pada Juli nanti. Namun begitu, ia tidak ingin langsung masuk major label. Justru ia ingin memiliki indie label. Karyanya bisa diunggah di akun YouTube dan platform digital lainnya.

"Sejak 2017 juga sudah reguleran di kafe. Orkestra juga mulai eksis lagi. Mesti pintar bagi waktu," imbuh pengusung genre pop ini.

Bareng grup orkestranya, Dicko juga kerap tampil di luar kota dalam berbagai acara. Dengan bekal yang dimiliki inilah, Dicko berharap dapat mewarnai blantika musik Indonesia. Selain itu karyanya dapat diterima masyarakat secara luas. (Feb)

Credits

Bagikan