Panti Asuhan Terseok, Satgas Cakra Buana Baksos

user
Ary B Prass 13 Juni 2021, 19:35 WIB
untitled

BANTUL, KRJogja.com' Setahun lebih pandemi Covid-19 menghempaskan berbagai sendi kehidapan masyarakat termasuk sektor ekonomi. Bahkan kondisi ini  seolah menjadi pukulan telak bagi pengelola panti asuhan di Kabupaten Bantul.  Donasi dari masyarakat anjlok dan makin seret.  Akibatnya beberapa kegiatan di panti asuhan bersama penghuni panti harus ditunda menunggu kondisi pulih.  Sementara Satgas Cakra Buana, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bantul Minggu (13/6/2021) menggelar bakti sosial ke panti asuhan  di Bantul bertepatan dengan momentum Bulan Bung Karno di Bulan Juli 2021 ini.

Dampak pandemi Covid -19 kini tengah dirasakan Panti Asuhan Bina Siwi di Sendangsari, Kapanewon Pajangan Bantul. Pengelola mesti memutar otak untuk memenuhi kebutuhan  38 penghuni atau anak panti bersama sembilan pengasuhnya.

Pengasuh Panti Asuhan Bina Siwi, Wanti tidak menampik jika pandemi sekarang ditengarai jadi pemicu donator jarang datang ke panti untuk berdonasi. Termasuk donator yang selama ini menyokong kegiatan panti lewat transfer ke rekening.

"Menurun jauh, sangat berkurang, mungkin donator ini juga terdampak Covid -19. Mayoritas para donatur dari kalangan pengusaha," ujarnya disela-sela menerima donasi makan siang dari Satgas Cakra Buana, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bantul.

Dengan kondisi tersebut, kegiatan seperti ulang tahun yang kerap digelar di panti, selama pandemi berhenti karena berpotensi terjadinya kerumunan. "Kita juga takut saat ada kegiatan ulang tahun atau lainnya. Demikian juga orang yang akan menggelar acara ulang tahun juga takut," jelasnya.

Untuk menopang kebutuhan sehari-hari, anak panti dan sembilan pengasuh didorong untuk bercocok tanam, beternak hingga membatik sehingga hasilnya bisa dijual. Lengkah berusaha mandiri tersebut bukan tanpa kendala. Karena penghuni panti merupakan anak berkebutuhan khusus. "Kondisi ini sebuah tantangan, jika ada niat dan semangat  Allah pasti memberi jalan," ujarnya.

Sementara Komandan Satgas Cakra Buana, DPC PDI Perjuangan Bantul, Suwandi mengatakan, program berbagai makan siang bagi anak panti asuhan rangkaian kegiatan Bulan Bung Karno. Karena masih pandemi, sehingga tidak bisa menggelar acara melibatkan massa. Paling masuk akal digelar berbagi dengan anak panti asuhan diwujudkan dalam memberikan makan siang.

 Selain berkunjung di Panti Asuhan Bina Siwi, Satgas Cakra Buana juga bakti sosial Panti Asuhan Yatim Piatu ‎Al-Dzikro di Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri. Termasuk kepada keluarga anggota Satgas yang tengah kena Covid-19. "Semangat berbagai kepada sesame terus kami jaga, apalagi dalam kondisi pendem, panti asuhan juga terdampak dan kita berusaha meringankan beben mereka meski hanya sedikit," katanya. (Roy)

Kredit

Bagikan