Hibah PKKM , Unimus Jalani Verifikasi dan Visitasi

user
tomi 30 April 2021, 14:06 WIB
untitled

SEMARANG,KRJOGJA.com- Prodi S1 Pendidikan Kimia dan S1 Statistika Fakultas Matematika dan IPA (MIPA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menjalani Verifikasi Kelayakan dan Visitasi secara online Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKMM), Selasa (27/4/2021).

Kegiatan lengkap dihadiri Rektor, para wakil rektor, ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unimus H Widadai H, Dekan FMIPA, kaprodi S1 Pendidikan Kimia dan S1 Statistika serta sejumlah dosen ini dilakukan dalam beberapa tahap. Yaitu tahapan pertama visitasi dan verifikasi dengan unsur pimpinan (rektor, wakil rektor, ketua BPH), tahapan kedua untuk task force (dua kaprodi yang diusulkan bisa menerima hibah kompetisi PKKM, serta dilanjutkan zoom dengan para mitra Unimus, dosen non task force dan mahasiswa.

Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi MPd dan Dekan FMIPA Dr Eny Winaryati MPd saat menyampaikan klarifikasi menyatakan Unimus mengunggulkan dan mengajukan 2 prodi (S1 Pendidikan Kimia dan S1 Statistika) karena beberapa faktor. Di antaranya, rekam jejak sejak bebepa tahun lalu kedua prodi sudah terbiasa mengeola hibah termasuk hibah pengajar perintis, beberapa orang dosen menjadi dosen DPL naional program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), melakukan pendampingan PKM tiap tahun dan lain lain. Unimus juga siap mendukung dana pendampingan 7,5 persen untuk mendorong Unimus menjadi universitas unggul dan berkualitas melalui program hibah PKKM tersebut kalau ditetapkan Kemendikbud sebagai penerima hibah.

“Beberapa kebijakan yang sudah ditempuh Unimus dalam mendukung hibah PKKM di antaranya sudah melakukan MOU dan MOA dengan sekolah maupun dunia usaha dan dunia industri, kurikulum sudah memiliki SK dari pimpinan yang kurikulumnya menerapkan MBKM serta beberapa bidang usaha milik Unimus diupayakan bisa mendukung program MBKM di antaranya Rumah Sakit Gigi dan Mulut, Klinik Pratama, Uimus Mart (minimarket), kafe, Unimus Farm (pertanian peternakan), Unimus Tirta Mineral. Semua itu untuk upaya mahasiswa mengimplementasi wirausaha serta kerja keras, kompetensi sesuai tuntutan MBKM.

Sementara itu Dekan FMIPA Dr Eny Winaryati MPd didampingi Kaprodi S1 Pendidikan Kimia Fitria Fatichatul Hidayah MPd

dan S1 Statistika Indah Manfaati Nur SSi MSi menyampaikan ada dua tahapan monotoring dan evaluasi (monev) bilamana Unimus berhasil menerima hibah, yaitu monev formatif dan monev umatif. Formatif dilakukan saat program masih berlangsung sehingga bisa dilakukan perbaikan. Sedangkan monev sumatif merupakan monev setelah kegiatan berakhir. (sgi)

Kredit

Bagikan