Bupati Ikut Berduka Cita, Gunadi Sempat Empat Kali Gagal Daftar TNI

user
tomi 26 April 2021, 12:24 WIB
untitled

PUNDONG, KRJOGJA.com - Duka menyelimut keluarga Sunaryo di Padukuhan Ngreco, Kalurahan Seloharjo, Kapanewon Pundong, Kabupaten Bantul. Bahkan pihak keluarga dan masyarakat sudah menggelar doa sejak Minggu (25/4) malam. Hal tersebut dilakukan untuk mendoakan kru kapal KRI Nanggala-402 KLS ISY Gunadi Fajar R yang gugur dalam tugas.

Sementara Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih dan jajaran ketika Senin (26/4) mengunjungi rumah duka mengatakan, Pemerintah Bantul ikut berduka atas peristiwa tersebut. Bahkan, jika istri ingin melahirkan di Bantul pemerintah daerah akan memfasilitasi. Dalam kesempatan tersebut, Halim juga sempat berbincang keluarga Sunaryo.

Dalam kunjungan tersebut hadir pula perwira pelaksana (Palaksa) Lanal Jogja, Letkol Laut (P) Wahyu Hidayanto, Camat Pundong, Nanang Dwi Atmoko, S Sos, Lurah Seloharjo Marhadi Badrun, Kepala Dinkes Bantul Agus Budi Raharjo, Kepala Dikpora Bantul, Isdarmoko. Kepala Diskominfo Bantul, Fenty Yusdayanti.

Sunaryo selaku orangtua menjelaskan, putranya merupakan lulusan SMP Muh 1 Pundong Bantul. Kemudian melanjutkan ke SMA N 1 Pundong lulus tahun 2011. Alm Gunadi juga sebagai anggota, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Bantul. Keinginan Alm Gunadi menjadi TNI sudah muncul sejak dibangku sekolah menengah atas.

"Ketika sudah lulus dari SMA N 1 Pundong Bantul. Langsung daftar TNI Angkatan Darat (AD) sampai empat kali, tetapi belum berhasil diterima. Kemudian anak saya belum menyerah dan daftar lagi TNI Angkatan Laut dan diterima," ujarnya. Alm Gunadi merupakan putra pertama pasangan , Sunaryo dan Sumiyati. Anak keduanya, bernama Amri. Alm meninggalkan seorang istri Dwi Ari Astanti.

Dukuh Ngreco Kalurahan Seloharjo Kapanewon Pundong Bantul, Sakijo menjelaskan, jika orantua Gunadi, Sunaryo mendapatkan pemberitahuan resmi dari Lanal Yogyakarta bahwa putranya gugur saat bertugas di KRI Nanggala-402.

"Minggu kemarin ada petugas dari Lanal Yogyakarta memberitahu seluruh kru KRI Nanggala-402 gugur termasuk Gunadi yang merupakan putra Pak Sunaryo," ujarnya.

Pembina OSIS SMAN 1 Pundong Bantul, Imam Bakti Darmawan S Kom, menjelaskan semasa disekolah Alm Gunadi sangat rajin dan sopan. Bahkan dari ketekunannya tersebut mengantarkannya meraih nilai 10 dalam ujian nasional mata pelajaran Fisika. Tidak hanya itu, ketika menjabat Ketua OSIS yang bersangkutan bisa 'ngemong' baik kepada kakak dan juga adik kelas. (Roy)

Kredit

Bagikan