Besok, Koperasi Pramuka DIY Diresmikan

user
tomi 18 April 2021, 16:12 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Menurut rencana,Senin 19 April 2021 ini, Ketua Gerakan Pramuka Kwarda DIY, GKR Mangkubumi akan meresmikan Koperasi Pramuka DIY di kompleks Bumi Perkemahan Babarsari.

Koperasi yang diberi nama Pandu Usaha Sejahtera ini merupakan koperasi yang anggotanya adalah para Pramuka dan keluarganya di seluruh DIY. Koperasi merupakan jenis koperasi konsumen, yang akan memenuhi kebutuhan para anggotanya, baik kebutuhan sehari-hari, kebutuhan perlengkapan kepramukaan, sampai pada kebutuhan pelatihan.

GKR Mangkubumi yang dihubungi KR kemarin, menjelaskan bahwa pembentukan Koperasi Pramuka ini merupakan program kerja Kwarda DIY yang sudah lama disiapkan. Selain untuk melatih para anggota Pramuka, baik yang masih aktif maupun yang sudah purna, untuk menjalankan prinsip-prinsip koperasi, juga untuk lebih mengaktifkan Bumi Perkemahan Babarsari yang selama ini masih memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan."

"Selain aset berupa tanah yang sangat luas, Kwarda DIY juga memiliki SDM yang cukup mumpuni di berbagai bidang, pungkas putri sulung Sri Sultan HB X yang juga Gubernur DIY ini.

Menurut Ketua koperasi Pandu Usaha Sejahtera R. Bagus Guritno, tujuan utama didirikannya koperasi ini adalah sebagai tempat untuk melatih para anggota Pramuka di DIY untuk dapat saling bekerja sama dalam memenuhi kebutuhannya, baik sebagai konsumen, sebagai produsen atau penjual, dan sebagai sarana untuk berlatih hidup dengan falsafah koperasi, yaitu dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota.

Sudah terbukti selama ini, dari berbagai krisis yang ada, justru koperasi dan UMKMlah yang relatif dapat bertahan dan mampu menjaga perekonomian nasional, pungkas Bagus yang sudah aktif di Pramuka sejak masih SMP ini.

Lebih lanjut Bagus juga menjelaskan bahwa tanggapan para anggota Pramuka sangat baik, karena selain dijadikan tempat untuk memenuhi kebutuhan barang, juga sebagai sarana silaturahmi antaranggota, baik yang masih aktif maupun yang sudah purna. Koperasi ini akan menyediakan berbagai barang kebutuhan sehari-hari melalui dua cara, yaitu melalui belanja tatap muka dan belanja secara daring, sehingga dapat melayani pembeli dari seluruh Indonesia.

“Kami dibina oleh Dinas Koperasi dan UMKM DIY, di bawah arahan dan bimbingan Kak Srie Nurkyatsiwi, bahkan termasuk dukungan ongkos kirim ke seluruh Indonesia,” tukas Bagus yang alumni FE UGM ini.

Koperasi yang diberi brand Kedai Pandu ini lokasinya ada di Bumi Perkemahan Babarsari, tepatnya di samping timur kantor Kwarda DIY. Selain menyediakan kebutuhan barang sehari-hari dan perlengkapan Pramuka, menurut rencana koperasi Pramuka ini juga akan menyelenggarakan berbagai usaha, misalnya kuliner, pertukangan, dan berbagai pelatihan, dengan memanfaatkan dukungan dari Kwarda DIY.

Pengurus inti koperasi Pandu Usaha Sejahtera adalah sebagai berikut. Ketua: R. Bagus Guritno, Wakil Ketua: Dian Prijomustiko, Bendahara: Laelia Dwi Anggraini, Sekretaris I dan II: Wing Wahyu Winarno dan Aminah Nur R. (*)

Kredit

Bagikan