Ada Komoditi yang Naik Mendadak, Disdag Kendal Pastikan Gelar OP

user
danar 14 April 2021, 13:10 WIB
untitled

KENDAL, KRJOGJA.com - Hari kedua ramadan belum tampak kenaikan yang berarti pada barang kebutuhan pokok penting di Kabupaten Kendal. Beberapa kenaikan terjadi pada minyak goreng, ayam ras, dan ayam negeri. Meski demikian menurut Kepala Dinas Perdagangan Kabuoaten Kendal, Alfebian Yolando masih dalam tingkatan wajar karena permintaan yang tinggi sementara barang berkurang.

"Secara menyeluruh ketersediaan barang kebutuhan pokok penting aman sampai satu setengah bulan kedepan, kenaikan terjadi karena permintaan meningkat saat masuk bulan ramadhan," ujar Febi. Pihaknya untuk mengantisipasi kelangkaan dan juga kekurangan di beberapa lokasi akan digelar pasar murah.

Agenda Bupati untuk bersafari ramadan akan diselingi pasar murah di beberapa titik yang mempunyai kemungkinan terjadi kelangkaan. Selain itu pihaknya akan memantau setiap hari ketersediaan barang kebutuhan pokok penting tersebut. "Kami setiap hari akan update harga dan stok untuk barang kebutuhan pokok tersebut sehingga kami bisa memantau dan tidak terjadi kelangkaan," lanjutnya.

Lebih lanjut Febi juga mengatakan jika dalam pemantauan ada kenaikan harga yang cukup tinggi pada komoditas tertentu akan langsung menggelar operasi pasar (OP). "Saat ini kondisi harga stabil dan stok aman, namun jika ada kemungkinan satu komoditi akan naik kami langsung akan menggelar operasi pasar dengan bekerjasama dengan beberapa instansi terkait," jelasnya.

Jumayah Kasi pengadaan dan distribusi perdagangan mengatakan pihaknya selalu turun ke jalan dan memantau pergerakan harga di pasar. "Kenaikan barang di pasar akan selalu sampai ke kami, dan setiap hari kami laporkan ke Kepala Dinas, hal ini untuk mengantisipasi jika ada pergerakan harga baik naik maupun turun," ujar Jumayah. (Ung)

Kredit

Bagikan