Sepekan Gunakan GeNose, Penumpang di YIA dan Adisutjipto Melonjak

user
tomi 08 April 2021, 19:36 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Sepekan terakhir, Yogyakarta International Airport (YIA) mulai menerima hasil tes Covid-19 menggunakan GeNose sebagai salah satu syarat penerbangan. Sejak itu pula, terpantau ada lonjakan penumpang hingga 40 persen.

"Seperti saat weekendkemarin. Ada 6.500 penumpang di YIA. Padahal rata-rata jumlah penumpang saat akhir pekan ada di angka 4.000," kata Pejabat Tinggi Sementara (PTS) General Manager (GM) YIA Agus Pandu Purnama, Kamis (8/4).

Kenaikan penumpang mulai terlihat pada hari kedua setelah GeNose diberlakukan di YIA. Dari total penumpang dalam sekali penerbangan, 40-60 persen sudah menggunakan GeNose. Sisanya masih menggunakan Swab Antigen yang bisa jadi sudah dipersiapkan calon penumpang sebelum datang ke bandara.

"Jadi begitu tiba di bandara tidak perlu tes-tes lagi. Karena dokumennya sudah lengkap, tinggal masuk ke pintu keberangkatan. Tidak masalah karena baik swab antigen maupun GeNose tetap dapat menjadi salah satu dokumen penerbangan," ujarnya.

Pengguna GeNose diperkirakan akan terus meningkat. Karena selain praktis, harganya juga terjangkau. Untuk itu, pengelola bandara akan terus berkomunikasi dengan pihak penyedia GeNose. Ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat.

Tak hanya di YIA, kenaikan penumpang juga terpantau di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Dari dari trafik pesawatnya, melainkan pada jumlah penumpang. Satu penerbangan jika biasanya hanya terisi 50-70 dari kapasitas tempat duduk, dalam sepekan terakhir bisa diatas 75 persen.

Ini juga menunjukkan kalau Bandara Adisutjipto Yogyakarta masih menjadi salah satu pilihan masyarakat yang ingin menggunakan jasa penerbangan. Terutama bagi yang tempat tinggal atau keperluannya di sekitar bandara atau Kota Yogyakarta.

"Memang dari trafik tidak ada penambahan, melainkan tingkat keterisian penumpang. Ini menunjukkan Bandara Adisutjipto masih menjadi pilihan, meski ada perbedaan harga dengan YIA," ungkapnya. (Awh)

Kredit

Bagikan