Asklin Baksos Penanganan Pandemi Covid-19

user
danar 08 April 2021, 10:30 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Asosiasi Klinik Indonesia (Asklin) Cabang Kulonprogo melakukan bakti sosial (baksos) bekerjasama Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat melakukan rapid test bagi guru. Pelaksanaan rapid berlangsung 7 hingga 10 dan 12 April di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat

Ketua Asklin Cabang Kulonprogo dr Salamah Sri Nurhayati menyatakan, Asklin sangat prihatin dengan penambahan kasus Covid-19 di Kulonprogo, sehingga ikut berperan serta dalam menangani pandemi. "Sebentar lagi ada ujian anak sekolah, dan juga menjelang tatap muka, maka kami mempersiapkan pembelajaran maupun ujian sekolah dengan skrining Covid bagi para guru," kata Salamah, Rabu (07/04/2021).

Menurut Salamah, setiap harinya sekitar 150 guru melakukan rapid test. "Bila hasilnya reaktif maka akan segera ditindaklanjuti PCR oleh Dinkes. Pada masa pandemi ini, klinik juga konsisten buka untuk melayani pasien BPJS dan pasien umum meliputi poli umum, poli gigi, kesehatan ibu dan anak, laboratorium, rawat inap, persalinan," ujarnya.

Sugiarto SKM MPH dari Dinas kesehatan Kulonprogo menuturkan, Dinkes melakukan pemetaan apakah ada paparan di tingkat pendidik. Bila tidak aman maka segera dapat tertangani dengan tindakan PCR. "Ini posisi Wates, nanti akan berkembang ke lainnya. Sehingga ketika tatap muka dimulai maka semua sudah tidak ada kendala," ujar Sugiarto sambil menambahkan bulan Mei vaksinasi dosis 1 bagi guru diharapkan selesai dan dilanjut dosis 2, sehingga Juli sudah dilaksanakan pembelajaran tatap muka.(Wid)

Credits

Bagikan