Sekolah Uji Coba PTM, Vaksinasi Virus Corona Sasar Guru

user
danar 06 April 2021, 20:10 WIB
untitled

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo sudah melaksanakan vaksinasi virus Corona dosis pertama dengan sasaran guru sekolah uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). Total ada 381 guru menjadi sasaran vaksinasi virus Corona berasal dari lima sekolah. Sebanyak 343 guru atau 90 persen diantaranya sudah menerima suntikan vaksin virus Corona.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Selasa (6/4/2021) mengatakan, vaksinasi virus Corona dengan sasaran guru sekolah uji coba PTM sudah dilaksanakan pada 20 Maret 2021 lalu. Vaksinasi virus Corona diberikan untuk dosis pertama. Para guru mendapat vaksin virus Corona setelah pemerintah menerapkan uji coba PTM di lima sekolah di Kabupaten Sukoharjo.

Vaksinasi virus Corona diberikan sebagai syarat pelaksanaan uji coba PTM di sekolah. Selain itu juga bentuk perlindungan diri guru dari penularan virus Corona selama mengajar di sekolah.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo mencatat rekapitulasi vaksinasi virus Corona per 3 April 2021 diketahui total ada 381 guru menjadi sasaran. Sebanyak 343 guru atau 90 persen diantaranya telah menerima suntikan vaksin virus Corona dosis pertama. Selain itu ada 36 guru harus tunda menerima vaksinasi virus Corona karena memiliki penyakit penyerta atau komorbid dan 2 guru ekslusif karena hamil.

Rincian data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo diketahui di SMAN 1 Sukoharjo jumlah sasaran vaksinasi virus Corona ada 88 guru, sebanyak 81 guru diantaranya sudah menerima vaksin virus Corona, 7 guru komorbid sehingga terpaksa ditunda menerima suntikan vaksin virus Corona. Di SMKN 1 Sukoharjo ada 74 guru sasaran, 68 guru sudah menerima vaksin virus Corona, 4 guru komorbid dan 2 guru ekslusif karena hamil, di MAN Sukoharjo ada 60 guru sasaran, 49 guru sudah divaksin dan 11 guru komorbid, di SMPN 1 Sukoharjo ada 68 guru sasaran, 64 guru sudah divaksin, 4 guru komorbid, di MTSN 2 Sukoharjo ada 91 guru sasaran, 81 guru sudah divaksin dan 10 guru komorbid.

"Capaian realisasi vaksinasi virus Corona dengan sasaran guru di lima sekolah yang melaksanakan uji coba PTM sudah 90 persen atau 343 guru dari total 381 guru," ujarnya.

Guru di lima sekolah uji coba PTM tersebut nantinya juga akan menerima suntikan vaksin virus Corona dosis kedua. Sebab sekarang mereka baru menerima suntikan vaksin virus Corona dosis pertama. Vaksinasi virus corona harus diikuti para guru tersebut karena resmi terdata menjadi sasaran sesuai kebijakan dari pemerintah.

Sebanyak 36 guru yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid nantinya juga akan menerima suntikan vaksin virus Corona karena telah terdata. Meski begitu pelaksanaan vaksinasi virus Corona terhadap 36 guru tersebut masih menunggu kesiapan.

"Ada 36 guru yang tertunda mendapat suntikan vaksin virus Corona karena memiliki penyakit penyerta atau komorbid," lanjutnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo masih menunggu kebijakan lanjutan dari pemerintah terkait pelaksanaan vaksinasi virus Corona. Sebab sudah ada rencana vaksinasi virus Corona akan ditambah dengan menyasar guru. Hal itu dikarenakan kemungkinan penerapan uji coba PTM di sekolah bertambah.

"Kalau memang uji coba PTM di sekolah akan ditambah maka ada penambahan sasaran vaksinasi virus Corona. Penambahan itu harus diimbangi dengan tambahan vaksin virus Corona. Kami masih menunggu seperti apa kebijakan pemerintah selanjutnya sebab di daerah tinggal melaksanakan saja," lanjutnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Darno menambahkan, vaksinasi virus Corona dengan sasaran guru khususnya di lima sekolah uji coba PTM sudah dilaksanakan. Namun dalam pelaksanaan belum semua guru mendapat suntikan vaksin virus Corona. Sebab para guru tersebut memiliki riwayat penyakit penyerta.

"Khusus untuk guru di lima sekolah uji coba PTM sudah mendapat vaksin virus Corona. Kedepan apabila uji coba PTM akan ditambah di sekolah lain tentunya ada penambahan sasaran vaksinasi virus Corona lagi," ujarnya.

Darno mengatakan, para guru di lima sekolah uji coba PTM diharapkan tidak perlu takut saat mengajar di ruang kelas dan berinteraksi dengan siswa. Sebab guru tersebut sudah mendapat vaksin virus Corona sebagai perlindungan dari penularan virus Corona. Disisi lain, para guru juga diingatkan wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti memakai masker.

"Vaksinasi ini menjadi bagian dari perlindungan terhadap guru saat uji coba PTM," lanjutnya. (Mam)

Credits

Bagikan