Razia di Rutan Kelas II A Yogya, Petugas Temukan Barang Ini

user
danar 06 April 2021, 15:50 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Yogyakarta bersama BNNK dan kepolisian melakukan razia di wisma tahanan, Selasa (6/4/2021) siang. Dalam razia itu, petugas gabungan hanya menemukan kartu remi, kartu domino, korek dan api.

Kepala Rutan Kelas II A Yogyakarta Yudo Adi Yuwono AmdIP SH MSi didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas IIA Yogyakarta Erossyan Freda AmdIP SH mengatakan, sasaran dalam razia itu adalah benda-benda terlarang seperti HP, sajam, narkoba dan lainnya yang berada di dalam wisma. Namun dalam kegiatan kemarin petugas, hanya menemukan, kartu remi, kartu domino, korek api dan cukur kumis.

“Barang-barang yang kami temukan diduga diselundupkan sudah lama, karena selama pandemi tidak ada kunjungan atau titip barang. Kartu remi dan domino kami amankan untuk antisipasi perjudian, sedangkan cukur kumis dan korek api antisipasi disalahgunakan untuk kejahatan,” katanya.

Menurutnya, kegiatan razia ini dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakat ke-57 Tahun 2021. Hal itu untuk memastikan bahwa wisma tahanan di Rutan Kelas II A Yogya bebas dari barang-barang terlarang.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak seluruh rutan/lapas di Indonesia. Selain hari ini, kegiatan razia juga sering kami lakukan secara mendadak atau insidentil,” terangnya.

Dikatakan, Rutan Kelas II A Yogyakarta ini sudah melakukan pemeriksaan yang cukup ketat baik orang maupun barang yang akan masuk. Ketika ada narapidana atau tahanan yang kedapatan membawa barang terlarang akan ditindak tegas.

“Kalau sampai ditemukan barang terlarang, hak- hak narapidana akan hilang seperti dapat remisi, program asimilasi, cuti bersyarat. Selain itu juga akan dimasukkan ke dalam sel isolasi. Bahkan kalau ada oknum petugas yang terlibat, juga akan kami tindak tegas,” paparnya. (Sni)

Credits

Bagikan