Jelang Ramadan, IPHI Sleman Gelar Bina Lansia

user
danar 06 April 2021, 06:10 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sleman bersama Majelis Taklim Perempuan (MTP) Kabupaten Sleman menyelenggarakan Bina Lansia di Gedung Unit 1 Pemkab Sleman, Sabtu (3/4/2021).

Kegiatan tersebut diikuti lansia sejumlah 40 orang yang merupakan perwakilan dari masing-masing kapanewon dan pengurus MTP Kabupaten Sleman. Hadir memberikan sambutan, Ketua MTP Kabupaten Sleman Hj.l Miatun Thoyyibah, Ketua Umum IPHI Kabupaten Sleman H Noor Hamid serta narasumber, Dr dr H Probosuseno dan Hj Karyati MPsi.

Miatun Thayibah menyampaikan, kegiatan ini diselenggarakan jelang Ramadan 1442 H untuk membekali lansia yang berusia 60 tahun ke atas agar tetap bugar, sehat jasmani dan rohaninya. Masih bisa beraktivitas dan secara mandiri dapat mengurus dirinya sendiri.

"Sehingga pada Ramadan diharapkan tetap bisa melaksanakan puasa dengan baik dan dapat menyempurnakan puasanya sampai akhir Ramadan," ucapnya.

Ketum IPHI Sleman Noor Hamid menyatakan, kegiatan ini membantu pemerintah dalam mensukseskan Program Lansia Tangguh, yaitu Lansia yang berumur di atas 60 tahun bercirikan Sehat, Mandiri, Aktif dan Produktif serta dapat berkonstribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat. Namun sebaliknya, apabila lansia memiliki berbagai permasalahan kesehatan, ekonomi, sosial dan lingkungannya akan menjadi beban baik dalam keluarga maupun di masyarakat.

"Oleh karena itu untuk mewujudkan program tersebut pemerintah mensosialisasikan tujuh dimensi Lansia Tangguh, yakni

ditinjau dari dimensi spiritual, intelektual, fisik, emosional, sosial kemasyarakatan, profesional vokasional dan lingkungan," paparnya. (Feb)

Credits

Bagikan