'Golog Gilig Borobudur Diwarnai Bekti Bumi Bersih Sungai

user
tomi 04 April 2021, 04:45 WIB
untitled

MAGELANG, KRJOGJA.com - Acara 'Golong Gilig Borobudur 2021' digelar Masyarakat Saujana Borobudur di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), Sabtu (3/4/2021). Sebelumnya di aliran Kali Sileng Borobudur juga dilakukan bekti bumi bersih sungai oleh masyarakat dan ratusan relawan, diantaranya dengan membersihkan sampah di sungai.

Bersamaan dengan itu prosesi pengambilan air dari beberapa lokasi juga dilakukan. Air dari beberapa titik lokasi tersebut kemudian disatukan dalam sebuah bejana. Sebuah sendratari "Maitrakanyaka" juga ditampilkan dalam rangkaian kegiatan yang dihadiri Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Kepariwisataan Provinsi Jawa Tengah Sinoeng Nugroho Rahmadi, Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi SSos MTr (Han), Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang Slamet Achmad Husein SE MM maupun lainnya tersebut.

Salah satu pesan yang ditampilkan dalam sendratari ini adalah janganlah menjadi orang yang serakah, melupakan ibunya dan berani menanggung perbuatannya sendiri. "Ngundhuh Wohing Pakarti". Sebelumnya di panggung utama juga dilaksanakan baca mantra puja bakti bumi Borobudur.

Ketua Panitia A Purnomo kepada KRJogja.com diantaranya mengatakan rangkaian kegiatan sudah dilaksanakan sejak beberapa waktu, diantaranya berupa sayembara desain kaos Borobudur Magelang Jawa Tengah, dan dilanjutkan dengan kegiatan bersih-bersih Kali Sileng oleh 250 relawan dan masyarakat, dilanjutkan dengan ritual Puja Bakti di kawasan Marga Utama mendoakan leluhur yang sudah membuat candi untuk keselamatan Nusantara.

Ritual lampah juga digelar menuju ke panggung utama, tidak jauh dari jalur kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur. Karena itu kegiatan ini juga sempat memperoleh perhatian wisatawan, bahwa ada diantaranya yang mengabadikan kegiatan ini dengan kamera yang dibawanya.

Semua ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya dilaksanakan, dan diharapkan berkelanjutan. Kegiatan ini juga untuk menyatukan semua potensi masyarakat di kawasan Borobudur, semua golongan menyatu gilig untuk kemajuan masyarakat Borobudur. (Tha)

Credits

Bagikan