Pemkab Temanggung Sediakan 110 Kg Benih Gratis Tembakau

user
danar 18 Maret 2021, 16:10 WIB
untitled

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Pemerintah Kabupaten Temanggung menyediakan sebanyak 110 kilogram benih tembakau yang dibagikan gratis pada petani tembakau di daerah tersebut di musim tanam tembakau 2021. Jumlah tersebut cukup untuk 11 hektare dengan hitungan 10 gram benih untuk 1 hektare.

Kepada Dinas Tanaman Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Temanggung Joko Budi Nuryanto mengatakan 110 kg benih tembakau yang disediakan merupakan varietas kemloko 1 hingga kemploko 6, yang merupakan varietas paling cocok untuk wilayah tersebut.

"Varietas kemloko 1 hingga kemploko 6, paling cocok, yakni menghasilkan tembakau terbaik dan yang diminati pabrik rokok. Kami bantu petani untuk mendapatkan benih terbaik," kata Joko Budi Nuryanto, Kamis (18/3/2021).

Joko mengatakan tiap tahun pemkab punya program pemurnian benih tembakau yang lahannya di sejumlah kecamatan. Hasilnya untuk membantu benih petani. Bantuan benih pada musim tanam tahun ini jumlahnya sama dengan tahun lalu.

Dia mengatakan luas tanam tembakau di Temanggung mencapai 13 ribu hektar yang meliputi lereng gunung Sumbing, Sindoro dan Prahu. Maka itu, melalui bantuan benih, diharapkan 11 ribu hektare diantaranya ditanami varietas kemloko.

" Benih tembakau dapat diambil di kantornya pada jam dinas. Akan lebih baik jika diambil untuk kelompok tani," kata dia.

Berdasar pantauan, kata dia, sejumlah wilayah telah menanam tembakau terutama di wilayah lereng gunung Prahu. Sedangkan di wilayah lereng gunung Sumbing mayoritas sedang menyemai dan persiapan lahan.

Dia menghimbau pada petani untuk meningkatkan mutu yang diantaranya menggunakan metode budidaya yang tepat. Penggunaan pupuk juga tidak yang mengandung klor tinggi. " Tanaman tembakau Temanggung tidak cocok kandungan klor tinggi, ini membuat warna tidak cerah dan daun patah," kata dia.

Ketua APTI Temanggung, Siyamin mengajak petani untuk tetap semangat menanam tembakau, kendati hasil pada tahun lalu ada yang kurang beruntung. Petani harus sering berkomunikasi dengan penyuluh pertanian, atau pendamping dari perusahaan dalam bertanam sebagai ikhtiar mendapapatkan hasil terbaik.

"Menanam tembakau juga gunakan varietas yang cocok kondisi alam Temanggung, yakni kemloko 1 hingga komploko 6," kata dia, sembari menyampaikan dalam waktu dekat akan menggelar pertemuan untuk membicarakan tembakau yang melibatkan berbagai unsur.

Seorang petani di Dusun Lamuklegok Desa Legoksari Kecamatan Tlogomulyo Jumbadi mengatakan petani sedang menyemai benih. Persemaian ini dipekarangan rumah dan ada di lahan. "Tanaman di persemaian bagus, semoga nanti saat ditanam juga bagus pertumbuhannya. Lahan pertanian juga telah siap," kata. (Osy)

Credits

Bagikan