Ulama Kharismatik Drs Sukina Wafat

user
tomi 25 Februari 2021, 14:10 WIB
untitled

SOLO, KRJOGJA.com - Ulama kharismatis, orator ulung juga sering menulis artikel di media massa, Ketua Umum Pimpinan Pusat Yayasan Majelis Tafsir Alquran (MTA) Al Ustaz Drs Ahmad Sukina wafat Kamis dini hari (25/2/2021) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moewardi Solo.

Jenazahnya setelah di salatkan di halaman gedung Pusat Yayasan Majlis Tafsir Al Quran Jalan Ronggowarsito nomor 111 A Surakarta, kemudian dimakamkan ke Pemakaman Muslim Kaliboto, Mojogedang, Karanganyar. Ratusan pelayat yang memadati gedung Pusat Yayasan Majlis Tafsir Al Quran Jalan Ronggowarsito , Solo dengan tertib menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan mencuci tangan, bermasker dan tidak berkerumun.

Sementara karangan bunga berdatangan diantaranya dari Anis Matta Ketua Umum Partai Gelora, Wakil Ketua MPR RI Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid MA, Komandan Korem ( Danrem) 074/Warastratama Kolonel Inf Rano Maxim Adolf Tilaar, Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjutak SIk.MSi serta pengusaha Wong Solo Grup H Puspo Wardoyo.

Sementara ucapan duka cita mewakili Presiden Jokowi, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg Prof. Dr. Drs. Pratikno, M.Soc.Sc. dan Ketua

Kantor Staf Presiden (KSP) Republik Indonesia Jendral Purn Moeldoko secara khusus menelepon mengucapkan rasa duka mendalam kepada putra Ahmad Sukina, Muhammad Fathin Habibibullah yang juga menjabat sebagai Sekretaris MTA.

Menurut Muhammad Fathin Habibibullah yang bertindak sebagai juru bicara keluarga, ayahnya Ustadz Sukina tiba-tiba tidak sadarkan diri pada Rabu (24/2/2021) siang. Keluarga kemudian membawa Ustd Sukina ke RS dr Moewardi Solo.

"Hingga saat terakhir beliau sekitar jam 03.00 dini hari saya masih menjalin komunikasi dengan dokter yang merawatnya. Diberitahu dokter , tiba-tiba ayahanda tidak sadarkan diri. Menurut tim dokter RS Moewardi ada gejala stroke. Tapi selama ini belum pernah ada gejala, beliau tampak sehat-sehat saja," katanya.

Menurut Habib, Sukina masih sempat bercengkrama dengan keluarga pada Rabu pagi. Beberapa hari sebelumnya, Sukina juga sempat mengisi pengajian secara daring. Menyinggung siapa nantinya sosok pengganti Ustadz Sukina yang diketahui mempunyai jutaan pengikut di organisasi MTA baik di dalam dan luar negeri, putra ustadz Sukina Muhammad Fathin Habibibullah mengatakan saat ini masih suasana duka, belum dibahas. "Nantilah setelah suasana mengijinkan kita akan beritahu," ujarnya.

Sementara Ketua DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Solo Muhammad Zain mengucapkan duka cita mendalam atas wafatnya Ustadz Sukina."Innalilahi Wa Inna Ilaihi Rojiun. Kami umat Islam menyatakan duka cita," mendalam atas kepergian almarhum Ustadz Sukina,"tutur Zain.

"Beliau adalah sosok ulama yang ramah dan sopan, serta mau membuka komunikasi dengan pihak lain, semangat beliau dalam menyebarkan ilmu tafsir Al Qur'an ini sangat luar biasa hingga pelosok tanah air." papar Zain.

Ketua LDII Surakarta Muhammad Zain berharap ada sosok penerus perjuangan Ustadz Drs Sukina untuk kembali menyebar luaskan ilmu tafsir Al Qur'an tersebut,"pungkas Zain. (Hwa).

Kredit

Bagikan