Layanan Tetap, Jam Pendaftaran Puskesmas Berubah

user
danar 12 Januari 2021, 04:10 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Jam layanan pendaftaran di puskesmas mengalami perubahan selama dua pekan ke depan. Meski demikian tidak ada kuota harian sepanjang pasien masih mendaftar sesuai jam yang ditentukan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogya Emma Rahmi Aryani, menjelaskan perubahan pelayanan hanya pada jam pendaftaran. Sedangkan layanan lainnya masih tetap diberikan seperti semula. "Tidak ada pembatasan kuota pasien harian. Yang penting masih di jam pendaftaran, maka tetap diterima," jelasnya, Senin (11/1/2021).

Jam pendaftaran pasien di puskesmas tersebut diajukan 30 menit. Pada Senin sampai Kamis pukul 07.30-10.30 WIB, Jumat pukul 07.30-09.30 WIB, dan Sabtu pukul 07.30-10.00 WIB. Sedangkan untuk layanan gawat darurat di puskesmas, sepanjang masih jam layanan juga tetap diberikan. Akan tetapi jika sudah tutup, dialihkan ke layanan PSC 119.

Sementara Kepala Puskesmas Gedongtengen Tri Kusumo Bawono, mengaku pada hari pertama kebijakan pengetatan secara terbatas kegiatan masyarakat kemarin, jumlah pasiennya turut berkurang. Jika biasanya berkisar 100 hingga 150 pasien per hari, kemarin tercatat hanya sekitar 80 pasien. "Meski ada kebijakan work frome home (WFH) sebanyak 50 persen, namun semua pasien mampu terlayani tanpa ada kendala. Jumlah pasien juga berkurang, mungkin ya karena WFH juga," katanya.

Dirinya pun mendukung penuh upaya WFH tersebut. Hal ini karena pegawainya bisa memiliki waktu istirahat yang cukup sekaligus mengurangi paparan Covid-19. Waktu istirahat yang cukup bagi tenaga medis bisa berdampak positif bagi peningkatan imunitas. Apalagi belakangan ini banyak terjadi temuan kasus baru sehingga tim medis juga harus mencurahkan waktu dan tenaganya. "Harapan kami dengan WFH ini bisa menurunkan kasus penularan dan memutus mata rantai. Covid-19 sekarang banyak sekali dan itu nyata," tandasnya.

Terkait layanan di puskesmas, diakuinya tetap berjalan seperti biasa kecuali jam pendaftaran yang dimajukan. Layanan itu antara lain poliklinik umum, poli gigi, kesehatan ibu dan anak serta laboratorium.(Dhi)

Kredit

Bagikan