Selama Tahun 2020 Terjadi 114 Kasus Curat di Klaten

user
agus 22 Desember 2020, 12:11 WIB
untitled

KLATEN, KRJOGJA.com - Selama tahun 2020 sejak Januari hingga Nopember terjadi 114 kasus pencurian dengan pemberatan di wilayah hukum Polres Klaten. Dari jumlah tersebut sebanyak 45 kasus terselesaikan dan pelaku telah menjalani hukuman, Sedangkan sisanya masih dalam penyelidikan.

Untuk kasus narkotika dari 36 yang dapat ditangkap, 100 persen telah disidangkan. Hal ini dikemukakan Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu dalam rakor lintas sektoral operasi Lilin Candi 2020 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru, Senin (21/12/2020).

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, curanmor sebanyak35 kasus, baru 6 kasus terselesaikan,dan sisanya masih dalam penyelidikan. Minimnya penyelesiaan dikarenakan pengungkapan curanmor, butuh penyelidikan intensif.

Tindak penipuan dari 32 kasus sebanyak 24 kasus yang terelesaikan. Penganiayaan 29 kasus, 27 kasus selesai. Operasi pekat, dari 76 kali operasi di tahun 2019 melonjak menajdi 308 operasi di tahun 2020. Barang bukti hasil operasi nantianya akan dilakukan pemusnahan.

Tahun 2019 terjadi 5 bencana, dan di tahun 2020 sejak Januari - Nopember terjadi 7 bencana, atau naik 40 persen.

Di sisi lain, Kapolres juga melakukan pengecekan pos pengamanan dan pos pelayanan pada Ops Lilin Candi 2020, Senin siang hingga sore.

Pengecekan dilakukan Kapolres dengan didampingi para pejabat utama Polres Klaten diantaranya Wakapolres, Kabagops dan sejumlah kasat serta perwira. Adapun sasaran pengecekan meliputi Pos Pengamanan Prambanan, Pos Pelayanan Alun-alun Klaten dan Pos pengamanan Karang Delanggu.

Kapolres menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut dilakukan guna mengecek kesiapan anggota, serta sarana yang digunakan dalam pos Operasi Lilin Candi 2020. Hal itu dilakukan agar pada puncak kegiatan operasi, yaitu pengamanan ibadah Natal dan Tahun Baru, maupun pada pengamanan jalur lalu lintas semuanya berjalan sesuai target yang diinginkan.

Kepada para petugas pos, Kapolres memberikan beberapa penekanan antara lain agar dalam pelaksanaan tugas selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan terkait covid-19. Selain itu Kapolres juga menekankan agar para petugas selalu waspada, peka dan peduli terhadap lingkungan disekitar Pos. Untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru tersebut, Polres Klaten juga menyiapkan pasukan anti anarkis, (Sit)

Kredit

Bagikan