Protokol Dilanggar, Surat Verifikasi Bisa Dicabut

user
danar 20 Oktober 2020, 07:10 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Walikota Yogya Haryadi Suyuti memberikan apresiasi atas kedisiplinan pada pelaku usaha pariwisata. Terutama kaitannya dengan 'self assessment' terhadap penerapan pelaksanaan protokol pencegahan dan pengendalian Covid-19 di bidang pariwisata.

Haryadi mengungkapkan, sejak munculnya pandemi Covid-19, roda perekonomian masyarakat menjadi melambat dan sangat terdampak. "Seperti yang kita ketahui bersama jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogya mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Salah satu penyebabnya adalah adanya pembatasan sosial berskala besar yang diterbitkan oleh pemerintah sebagai upaya untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia," jelasnya di sela penyerahan sertifikat verifikasi di Hotel Harper, Senin (19/10/2020).

Sertifikat verifikasi berupa surat keterangan dan stiker kali ini diberikan untuk bidang usaha pariwisata yakni 17 hotel, tiga restoran dan satu destinasi. Dirinya pun mengapresiasi kalangan industri pariwisata yang sudah disiplin menerapkan protokol. Harapannya dengan upaya ini dapat memberikan rasa aman, nyaman dan menarik wisatawan untuk berkunjung dan berlama-lama tinggal di Kota Yogya, sehingga roda perekonomian yang sempat melambat dapat berputar kembali secara normal.

Dirinya menerangkan setiap usaha yang lolos verifikasi dan telah dibekali surat, dapat menempelkannya di tempat strategis dan mudah terlihat. Hal ini agar menimbulkan kepercayaan kepada masyarakat jika tempat tersebut sudah menjalankan protokol dengan baik. Hanya, lanjutnya, surat verifikasi tersebut bisa dicabut apabila muncul pelanggaran protokol kesehatan.

"Di stiker ada tulisan sewaktu-waktu surat keterangan hasil verifikasi bisa dicabut, tujuannya agar protokol kesehatan dijalankan terus menerus," imbuhnya.

Oleh karena itu, diharapkan semakin banyak pelaku usaha yang mendaftarkan diri dan berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan di tempat usahanya masing-masing. Dirinya optimis Kota Yogya dapat mengatasi krisis ini sehingga usaha di pariwisata dapat bergairah kembali.

Pada akhir acara, Haryadi pun terus mengingatkan untuk tetap disiplin dan taat dalam melaksanakan protokol kesehatan. "Tidak ada toleransi dalam pelaksanaannya demi mencegah penyebaran Covid-19 di Yogya. Tetap menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak minimal meter," tandasnya.(Dhi)

Kredit

Bagikan