Pamsimas, Atasi Kesulitan Air Bersih Masyarakat Gunungkidul

user
danar 04 September 2020, 00:30 WIB
untitled

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Sejak 2017 hingga sekarang, Penyediaan Air Minum dan Sanitas Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Gunungkidul telah menyasar 55 kalurahan. Tahun 2020 ini salah satunya di Kalurahan Ngawis, Kapanewon Karangmojo.

“Pamsimas melibatkan masyarakat, ketika nantinya sudah jadi pengelolaannya juga diserahkan kepada warga. Pemerintah melakukan pendampingan, agar Pamsimas mampu menyediakan layanan air bersih,” kata Sekretaris Panitia Kemitraan Sekda Gunungkidul Nurudin Araniri SPt ME ketika meninjau pelaksanaan Pamsimas di Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) 'Nedyo Kabegjan' Karanganom, Ngawis, Karangmojo, Kamis (03/09/2020).

Kedatangan tim kemitraan disambut Lurah Ngawis Anjar Kurniawan, Ketua KKM 'Nedyo Kabegjan' Sarjiyono dan Satlak Joko Rus Indarto, dukuh, babinsa, bhabinkamtibmas dan warga.

Lurah Ngawis Anjar Kurniawan mengungkapkan, program Pamsimas ini sangat diharapkan masyarakat. Karena khususnya di Karanganom 1 dan Karangnom 2 pada musim kemarau mengalami kesulitan air bersih. Melalui pamsimas ke depan diharapkan bisa diatasi.

“Selain itu, pemerintah desa juga memiliki harapannya, agar di tahun ke depannya, program ini dapat tetap berjalan, sehingga bisa memperluas layanan kebutuhan air bersih tidak hanya di dua dusun,” imbuhnya.(Ded)

Kredit

Bagikan