Puncak Kemarau, Polres Cilacap Droping Air di Jeruklegi Kulon

user
agus 28 Agustus 2020, 17:11 WIB
untitled

CILACAP, KRJOGJA.com - Krisis air bersih sebagai dampak dari kekeringan pada pincak musim kemarau melanda sejumlah daerah di wilayah Kabupaten Cilacap. Untuk meringankan beban masyarakat yang mengalami krisis air itu, Polres Cilacap memberikan bantuan dengan mengedrop air bersih ke Desa Jeruklegi Kulon Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, Jumat (28/08/2020).

"Kegiatan ini merupakan bantuan sosial atau bansos, karena wilayah Desa Jeruklegi Kulon, khususnya Dusun Danasri kekurangan air akibat kekeringan. Sehingga Polres berempati memberikan bantuan air bersih," ujar Kapolres Cilacap AKBP Dery Agung Wijaya.

Bantuan air bersih dilakukan dengan mengedrop air bersih dengan menggunakan satu unit kendaraan 'water canon' (kendaraan penghalau massa) berkapasitas angkut 8.000 liter dan satu unit truk tangki milik Pemkab Cilacap kapasitas 5.000 liter."Bantuan air itu didrop pada 5 titik dengan berpindah-pindah kedua kendaraan tersebut," lanjutnya.

Dijelaskan, sebenarnya ada beberapa titik lain yang kekurangan air bersih, namun karena wilayah itu sulit dijangkau, sehingga droping bantuan difokuskan pada 5 titik tersebut. "Yang penting masyarakat dapat terbantu dan untuk kelanjutannya akan disesuaikan dengan perkembangan dampak kekeringan di daerah,"jelasnya.

Kepala Seksi Pemerintahan Desa Jeruklegi Kulon Wasis Budi Prasetya mengakui, saat ini di desanya ada 150 kepala keluarga (KK) yang mengalami krisis air bersih, sebagai dampak dari kekeringan. "Bahkan jika musim keringan ini berlangsung sampai 3 bulan, hampir seluruh penduduk di desanya kesulitan air bersih,"katanya.

Pada saat itu, untuk memenuhi kebutuhan air rumah tangganya, warga berupaya memperdalam lagu sumur miliknya, hingga mendapatkan air. Atau mengandalkan bantuan dari pemerintah dan lembaga lainnya."Sebenarnya di desa kami ada sebagian wilayah yang ada perpipaan PDAM dan Pamsimas,"tambahnya. Namun pada masa puncak musim kering, aliran PDAM nya seret. Begitu pula, sungai yang selama ini dijadikan sumber air Pamsimas diketahui kering, sehingga air di Pamsimas tidak mengalir.(Otu)

Kredit

Bagikan