Tujuh Hari Operasi Patuh Candi, 11 Ribu Pelanggaran Tercatat di Jawa Tengah

user
ivan 31 Juli 2020, 11:30 WIB
untitled

SEMARANG, KRJOGJA.com - Sebanyak 11.277 pelanggaran terjadi selama tujuh hari Operasi Patuh Candi 2020 di jajaran Ditlantas Polda Jawa Tengah. 4.474 pelanggar dikenakan tilang sementara sisanya diberikan teguran lisan oleh para petugas kepolisian.

Direktur Direktorat Lalu-Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Tengah, Kombes Polisi Arman Achdiat mengatakan selama tujuh hari pelaksanaan operasi tercatat pula adanya 251 kecelakaan yang berada di wilayah Jawa Tengah. Menurut Arman, pekan ini di masa sebelum Idul Adha tercatat adanya lonjakan kendaraan masuk ke wilayah Jawa Tengah dari arah barat.

“Kami terus melakukan pencermatan terhadap arus kendaraan yang masuk, jangan sampai ada potensi kecelakaan lalu-lintas. Sampai tujuh hari operasi Patuh Candi 2020, kami sudah menemukan 11.277 pelanggaran di mana 4.474 di antaranya dikenakan tilang sementara sisanya mendapat teguran petugas,” ungkap Arman melalui keterangan tertulis, Jumat (31/07/2020).

Arman menegaskan di operasi ini pihaknya mengedepankan pendekatan humanis pada pengendara kendaraan bermotor. Sesuai arahan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Polisi Ahmad Luthfi, polisi mengedepankan pendekatan preemtif dan preventif dalam mengantisipasi kecelakaan lalu-lintas.

“Kami melakukan 59 ribu kali kegiatan pendidikan masyarakat dalam bentuk sosialisasi termasuk dari media sosial. Selain itu kami juga berupaya melakukan Turjawali dan penjagaan objek wisata yang sampai saat ini sudah dilakukan 36 ribu kali lebih,” sambungnya.

Sementara jumlah kendaraan masuk wilayah Jawa Tengah mengalami kenaikan hingga 22 persen di masa sebelum Idul Adha kemarin. Polisi menyiagakan 73 personil patroli jalan raya untuk mengamankan ruas jalan mulai Brebes hingga Sragen.

“Kami juga intens melakukan koordinasi dengan pengelola tol di Jawa Barat. Kami juga sudah mendirikan pospam terpadu serta pengawasan di rest area dan exit tol. Kami juga berharap para pengendara bisa berhati-hati, mempersiapkan diri dengan baik dan mengecek kendaraan sebelum bepergian,” pungkas Arman.

Sementara Wakapolri Komjen Polisi Gatot Eddy Pramono menekankan pada seluruh Polda untuk mengedepankan pendekatan persuasi dan humanis dalam melaksanakan giat keseharian. Tak lupa Wakapolri meminta seluruh petugas kepolisian menjaga kesehatan agar tak mudah tertular virus Covid-19. (Fxh)

Credits

Bagikan