Operasi Sikat Candi, 15 Pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor Dibekuk

user
tomi 30 Juli 2020, 18:34 WIB
untitled

PURWOKERTO, KRJOGJA.com- Sebanyak 15 pelaku pencurian kekerasan (Curas), pencurian pemberatan (Curat), dan penadah sepeda motor, berhasil dibekuk Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Banyumas di sejumlah tempat. Mereka dibekuk dalam Operasi Sikat Candi 2020 yang digelar dari 6 Juli hingga 25 Juli.

" Selama kurun waktu 20 hari polisi berhasil mengungkap 26 perkara dengan 15 tersangka," kata Kapolresta Banyumas Kombes Whisnu Caraka yang didampingi Kasat Reskrim AKP Berry, Kamis (30/7/2020)  di Mapolresta setempat.

Menurutnya dari 26 perkara yang diungkap terdiri dua kasus curas, dan 24 kasus curat. Kemudian dari 15 pelaku yang berhasil dibekuk, terdiri tiga pelaku curas, sembilan kasus curat, dan tiga orang penadah.

Para pelaku itu berasal dari Banyumas, Cilacap, dan Purbalingga. Untuk modus operandi yang dilakukan pelaku curas dengan cara memepet sepeda motor korban memukul, dan membawa sepeda motor milik korban.

Kemudian untuk kasus curat ada beberapa modus seperti mencuri sepeda motor yang kunci tergantung, menggunakan kunci T, mencongkel pintu atau jendela rumah, dan modus berkenalan di medsos yang berakhir ketemuaan di hotel dan sepeda motor korban disikat.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatan pelaku curas diancam pasal 365 KUHP dengan ancaman 12 tahun penjara. Pelaku curat diancam pasal 363 KUHP ancaman tujuh tahun, dan untuk penadah diancam pasal 480 KUHP ancaman empat tahun. (Dri)

Credits

Bagikan