Pemkab Kulonprogo Kaji 'Blank Spot' Jaringan Komunikasi

user
danar 30 Juli 2020, 15:55 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo segera menyediakan prasarana sarana pelayanan jaringan komunikasi di sejumlah titik menjadi wilayah 'blank spot' akibat kondisi letak geografis.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Setda Kulonprogo, Zahrom Asuraman mengungkapkan sedang mengkaji sejumlah titik blank spot.

Sebagian besar di wilayah Kulonprogo utara, belum terjangkau jaringan sinyal komunikasi. “Pemkab akan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perpub) Kulonprogo dari hasil kajian tersebut. Pemkab mentargetkan semua wilayah terjangkau jaringan telekomunikasi,” ujar Zahrom di ruang kerjanya, Rabu (29/7/2020).

Menurutnya, provider penyedia layanan komunikasi harus bersedia menyediakan jaringan sinyal ke wilayah blank spot. Di era tehnologi informasi sudah menjadi kebutuhan masyarakat meskipun dalam perhitungan bisnis kurang menguntungkan.

Pemkab hendak menentukan titik blank spot dan membangun menara antena atau BTS (Base Transceiver Station). Selanjutnya pihak provider menggunakan BTS tersebut untuk memperluas jaringan sinyal.

“Provider tidak hanya memperluas jaringan sinyal di wilayah ‘basah’. Masyarakat di wilayah blank spot juga harus dapat berkomunikasi dengan luar,” tuturnya.(Ras)

Credits

Bagikan