6 Hari Operasi Patuh, 450 Pelanggar Lalu-Lintas Ditindak

user
agus 29 Juli 2020, 16:12 WIB
untitled

WONOSARI KRJOGJA.com – Enam hari Operasi Patuh Progo 2020 digelar, Polres Gunungkidul berhasil menjaring ratusan pelanggar lalu lintas 'kasat mata', Rabu (29/07/2020). Kepala Bagian Operasional (KBO) Satlantas Polres Gunungkidul, Iptu Kusnan Priyono mejelaskan hanya dalam kurun waktu 6 hari dilaksanakan operasi, berhasil menindak 450 pelanggar lalu lintas.

"Ratusan pelanggar tersebut mendapatkan sanksi dibuktikan dengan pelanggaran (tilang) dengan kategori pelanggaran kasat mata," katanya Rabu (29/07/2020).

Operasi yang digelar ditengah pandemi Covid-19 ini dengan sasaran skala prioritas yakni pengendara tidak berhelm SNI, sabuk keselamatan lalu-lintas, melawan arus lalu lintas, menggunakan knalpot blombongan (Racing), pelanggaran rambu lalu-lintas, kelebihan muatan dan penumpang.

Untuk Kabupaten Gunungkidul pelanggaran kelengkapan kendaraan bermotor seperti spion, lampu kendaraan juga menjadi sasaran termasuk spesifikasi plat nomer yang tidak sesuai standar. "Lokasi operasi kita pusatkan di dua lokasi yakni di Jl Wonosari-Yogya (Siyono) dan di Jl Brigjen Katamso Wonosari," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Gunungkidul, Ari Hanisaputri SH mengatakan, untuk pelanggar lalu-lintas yang sudah melaksanakan sidang untuk pelayanan pengambilan barang bukti tilang dan denda bisa langsung di Kantor Kejaksaan Wonosari. Namun demikian, layanan akan disesuai dengan protokol kesehatan dan juga dilakukan pembagian masker.

"Pembayaran denda tilang juga dilayani melalui Kantor Pos terdekat dan untuk barang buktinya akan dikirim via pos,” ucapnya.

Terpisah Kasatlantas Polres Gunungkidul AKP Anang Tri Nuwiyan menyatakan dengan operasi Patuh ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran berlalu-lintas dan tercipta budaya tertib di jalan raya juga berdampak terhadap menurunnya angka kecelakaan lalu-lintas. "Kita berharap operasi tersebut dapat menumbuhkan budaya tertib berlalu-lintas," terangnya. (Bmp)

Credits

Bagikan