Gelar Salat, 648 Masjid dan Mushola di Sleman Kantongi Surat Rekomendasi

user
danar 29 Juli 2020, 16:10 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - Jelang hari raya Idul Adha, rumah ibadah yang ingin mengadakan salat harus memiliki surat rekomendasi aman Covid-19. Ketentuan tersebut berlaku di semua rumah ibadah di Kabupaten Sleman, baik masjid maupun musala. Sejauh ini sudah ada 648 rumah ibadah bagi umat muslim yang sudah mengantongi surat rekomendasi aman Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sleman, Shavitri Nurmala Dewi mengatakan, dari 648 rumah ibadah yang kantongi rekomendasi terdiri dari 629 masjid dan 19 mushola yang tersebar di 17 kecamatan di wilayah Kabupaten Sleman. "Selain surat rekomendasi aman Covid-19, kami tidak memberikan persyaratan lain. Cukup ini saja," terang Shavitri, Selasa (28/7/2020).

Secara terpisah, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Sa'ban Nuroni mengungkapkan, rumah ibadah yang telah mengantongi surat rekomendasi aman Covid-19 ada keterangan mengenai protokol yang wajib ditaati. Baik oleh pengurus masjid maupun jamaah yang datang ke masjid. Seperti pengaturan jarak, kewajiban bermasker, penyediaan sarana cuci tangan dan lain sebagainya. "Tidak ada protokol khusus untuk salat idul adha. Masih memakai SE Menag No. 15/2020 dan SE Bupati tentang Rumah Ibadah Aman Covid-19," ungkap Sa'ban.

Sa'ban mengimbau, agar warga yang sakit tetap di rumah saja. Hal tersebut ditujukan sebagai langkah antisipasi. "Yang kurang sehat bisa di rumah," tandasnya. (Aha)

Credits

Bagikan